Iqbal Suhaeb saat menyerahkan sertifikat bagi puskesmas yang raih predikat. (BERITA.NEWS/Ratih Sardianti Rosi). 

BERITA.NEWS, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb hadir dalam rapat kerja kesehatan daerah tahun 2019 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar di Hotel Horison, Kamis (26/12/2019).

Iqbal hadir untuk menyerahkan secara langsung sertifikat bagi Puskesmas yang telah berhasil melalui tahap seleksi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Dari semua Puskesmas yang ada di kota Makassar, Puskesmas Tamalate berhasil mendapatkan predikat Paripurna. Disusul Puskesmas Jongaya, Antang Perumnas, Malimongan Baru, Kaluku Bodoa, Sudiang Raya, Dahlia, Makkasau, Andalas, Paccerakkang, dan Patingalloang yang mendapatkan predikat Utama.

Didampingi Kadis Kesehatan Kota Makassar dr Naisyahtun Asikin, Pj Wali Kota Makassar berharap agar pelayanan kesehatan makin dimaksimalkan dan yang paling penting semua warga Makassar harus memiliki jaminan kesehatan.

“Selamat kepada Puskesmas yang telah lulus syarat dan berhasil meraih predikat Paripurna dan Utama. Semoga dengan ini, pelayanan makin dimaksimalkan dan pendataan masyarakat harus lebih dioptimalkan lagi. Semua warga Makassar harus memiliki jaminan kesehatan,”  ungkap Iqbal.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Makassar dr Naisyahtun Azikin dalam laporannya memaparkan saat ini Puskesmas di Kota Makassar hampir 100 persen telah terakreditasi.

“Alhamdulillah dari 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar, tinggal 1 Puskesmas yang belum terakreditasi namun sudah dalam tahap ke akreditasi,” papar Naisyah.

Rapat kerja kesehatan daerah ini mengambil tema ‘Kolaborasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam penguatan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta (universal health coverage)’ dihadiri oleh 130 peserta. 

  • Ratih Sardianti Rosi