28.446 Ekor Sapi di Sulsel Kantongi Asuransi, Hilang Satu Diganti Rp10 juta

Kepala DPKH Sulsel Abdul Azis. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul).

BERITA.NEWS, Makassar – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) gaungkan pengunaan jasa asuransi untuk sapi peternak. Senin (16/12/2019).

Kepala DPKH Sulsel Abdul Azis mencatat terdapat 28.446 ekor sapi telah kantongi surat asuransi dari Jasindo. Jumlah tersebut, kata Azis telah melebih target yang hanya 18 ribu ekor.

Menurutnya, sapi yang sudah kantongi asuransi atau polis asuransi sudah over target. Program itu pula, dinilai telah membantu para peternak. Sehingga, tidak perlu khawatir lagi kehilangan atau alami ternak mati.

“Tadinya kita ditargetkan hanya 18 ribu ekor, namun pencapaian kita sampai sekarang ini sebanyak 28.446. jadi kita pesangon over target,” ucap Azis.

Lebih lanjut, Azis menjelaskan ternak yang mati akan diberikan ganti rugi oleh pihak Jasindo. Beberapa kabupaten pun sudah menerapkan, seperti pemerintah takalar.

“Asuransi ternak ini,  peternak tidak lagi berpikir bagaimana kalau mati sapinya, kalau dicuri sapinya, karena Jasindo akan membayar asuransi, satu ekor sapi itu Rp10 juta, misalnya kalau sapinya hilang atau mati,” sebutnya.

  • Andi Khaerul