Siap-siap!! Pemkot Makassar Geram, THM Publiq Segera Ditindak Tegas

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dibawah pimpinan Iqbal Suhaeb selaku PJ Walikota menegaskan tidak akan mentolerir tindakan hingga penutupan terhadap Tempat Hiburan Malam (THM) Publiq Dine and Wine di jalan Ariel Rate, Makassar.

Kepada BERITA.NEWS, Iqbal mengaku tidak hanya tinggal diam dengan berbagai pelanggaran yang dilakukan pemilik THM Publiq, dimana berdasarkan fakta, Publiq beroperasi tidak sesuai peruntukan.

Pasalnya, selama ini Pemkot Makassar sama sekali belum mengeluarkan ijin penjualan minuman beralkohol (minol) atau Publiq hanya memiliki ijin cafe dan resto, sementara fakta dilapangan, bukan hanya menjual alkohol diatas 5 persen, Publiq diketahui juga beroperasi melebihi batas yang sudah ditentukan.

Artinya pemilik usaha Publiq telah melanggat dua pelanggaran sekaligus. “Pasti dalam waktu dekat akan kita tindaki,” kata Iqbal

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Perijinan Makassar, A Bhukti Djufrie. Dimana ia mengaku sama sekali tidak pernah mengeluarkan ijin (minol) kepada THM Publiq. “Betul, kita sama sekali belum pernah keluarkan ijinnya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Makassar, Iman Huud menjelaskan terkait penindakan THM Publiq. Katanya, jika pihaknya akan melakukan tindakan, harus benar-benar serius.

Ia mengutarakan tidak ingin sama seperti sebelumnya, dimana usai menindaki THM Publiq terkesan main-main, kendati demikian pihaknya saat ini masih menunggu hasil kajian bersama dengan tim penegak hukum perda (TPHD) yang didalamnya terdapat beberapa instansi, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perijinan dan Satpol PP.

“Kami dari satpol PP siap turun kapan saja dalam melakukan penindakan atau penutupan kalau sudah ada hasil kajian bersama bahawa tempat ini memang tidak memiliki ijin dan harus ditutup, pekan depan jika ada hasil maka kita juga akan bertindak,”

“Jangan lagi seperti dulu, kami sudah bertindak dan sampai sekarang tidak ada dampak, karena adanya perbedaan persepsi. Jadi kali ini harus benar-benar jelas,” tegasnya.

Selain menjadi tempat pesta minuman keras, THM Publiq juga kerap kali menjadi arena adu jotos, yang lebih ironisnya lagi, lokasi THM Publiq berada persis didepan sarana pendidikan dan tidak jauh dari tempat ibadah.

Comment