foto: net

BERITA.NEWS, Makassar – PSM Makassar harus berbagi angka setelah bermain imbang 2-2 dengan tim tamu Borneo FC pada pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Senin (2/12/2019) sore tadi.

Dengan hasil ini, membuat Bali United sudah pasti menjadi jawara Liga 1 2019.

Dengan hasil imbang ini, poin Borneo FC hanya bertambah menjadi 46. Jumlah poin Borneo yang berada di urutan kedua klasemen ini tak cukup lagi untuk menyamai torehan Bali United yang kini memiliki 63 poin lantaran mereka tinggal menyisakan empat laga. Tambahan poin Bali United setelah menang 2-0 saat melawan Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, Senin (2/12/2019).

Laga PSM dengan Borneo FC sendiri berlangsung cukup seru. Namun, hingga babak pertama usai, kedua tim belum mampu membobol gawang lawan. Kedudukan 0-0 hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, pelatih PSM Darije Kalezic langsung melakukan pergantian dengan memasukkan pemain M. Rahmat menggantikan Risky Eka Pratama, dengan berharap mampu memecah kebuntuan.

Memegang kendali permainan sejak pluit babak ke-dau dibunyikan, Marc Anthony Klok dan kolega belum juga mampu membobol gawang Borneo FC yang di kawal Gianluca Pandeynuwu. Bahkan, serangan PSM sering kali terhenti di lini tengah Borneo FC.

Barulah di menit ke-56′, strategi Darije Kalezic terbukti ampuh setelah pemain pengganti M. Rahmat mampu mencobloskan bola dengan sundulan usai menerima umpan krosing dari Benny Wahyudi.

Keunggulan Juku Eja ternyata tak bertahan lama. Setelah tiga menit berselang, Pesut Etam mampu mencetak gol penyama kedudukan melalui pemain bernomor punggung 19 Javlon Guseynov yang memanfaatkan gemelut di depan gawang PSM.

Berniat kembali unggul, PSM Makassar malah harus tertinggal melalui gol Sultan Samma di menit 67′ memanfaatkan umpan sundulan Matias Ruben Conti memanfaatkan free kick. Borneo ungguli tuan rumah PSM 2-1.

Melihat ada yang salah, Pelatih PSM Darije Kalezic langsung melakukan pergantian dengan memasukkan Zulham Zamrun menggantikan gelandang energik Marc Anthony Klok.

Barulah di menit 71′, PSM Makassar mampu menyamakan kedudukan melalui gol penalti yang dilesatkan Aaron Evans. Sebelumnya, penalti didapatkan tim Ramang setelah Ferdinand Sinaga di langgar di dalam kotak penalti Borneo FC. Hingga akhir laga, skor 2-2 tak berubah. Hasil ini mengantarkan PSM naik satu peringkat ke posisi 5 menggeser Arema FC dengan poin 43.

. Alfiandiz