Menteri Edhy Prabowo Resmikan Industri Pembibitan Udang di Barru

Menteri Edhy Prabowo bersama Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat resmikan industri udang di Kabupaten Barru.

BERTA.NEWS, Makassar – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, meresmikan industri pembibitan udang dan ikan di Dusun Jalange, Kelurahan Mallawa, Kabupaten Barru, Minggu (1/12/2019).

Edhy Prabowo didampingi langsung  Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Barru Suardi Saleh, mengunjungi industri pembibitan udang dan ikan seluas 17 hektar milik PT Esaputlii Prakarsa Utama.

Menteri Edhy Prabowo dalam sambutannya menyampaikan, sektor budidaya perikanan dan kelautan Sulsel perlu terus didorong melalui program berkelanjutan.

“Kita harus pahami bahwa Indonesia saat ini belum begitu luar biasa hasilkan udang. Untuk eksport, Indonesia baru nomor 5. Dan terus diharapkan produksi udang nasional meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan sektor perikanan dan kelautan salah satu tulang punggung ekonomi Sulsel. Panjang pantai 2.000 kilometer. Tahun 2020 dianggarkan Rp20 miliar untuk Pusat Pelelangan Ikan (PPI) khusus untuk Kota Palopo.

“Nantinya akan berjalan layanan pelelangan ikan yang higenis dan profesional dalam sektor perikanan dan kelautan, yang nantinya nelayan dapat mengakses kebutuhannya,” katanya.

Diketahui, udang vaname mulai dikenal di Sulsel tahun 2003. Udang ini telah diekspor sebesar 7.055 ton pada tahun 2008. Potensi tambak di Sulsel memang cukup besar, yakni sebanyak 9.600 hektar. Sangat cocok untuk budidaya udang vaname.

. Andi Khaerul

Comment