Presiden Minta Eselon III dan IV dihapus, NA: Terus Bagaimana Status Camat dan Lurah?.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) angkat bicara soal rencana pemerintah pusat untuk hapus tingkatan golongan Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni Eselon VI dan III.

Hal itu diutarakan mantan Bupati Bantaeng dua Periode dalam peringatan HUT Korpri ke-48. Dirinya meminta semua stakeholder untuk tidak buat tafsiran berbeda-beda soal rencana presiden tersebut.

“Bapak Presiden menyampaikan ini karena beliau merasa birokrasi yang terlalu panjang, membuat negara kita susah berkembang. Oleh karena itu, penghapusan Eselon III dan IV ini masih dalam kajian,” ucapnya.

Nurdin Abdullah mengatakan, perlakuan untuk memangkas eselon III dan IV itu kemungkinan besar tidak diterapkan merata. Hanya saja, yang lebih penting yakni peningkatan kinerja para ASN.

“Kita kaji bersama, walaupun Presiden sudah memberikan signal itu, kita harus kaji. Ya tentukan, masa kaya camat harus dihapus, lurah harus dihapus, nah bagaimana statusnya itu? Makanya, Presiden meminta kita untuk mengkaji,” ujarnya. 

Menurutnya, gagasan itu salah satu upaya menyederhanakan semua proses di pemerintahan. Namun, sebelum itu, ia mengajak seluruh elemen mengkaji bersama terkait tawaran tersebut, terkhusus ASN lingkup Pemprov Sulsel.

“Kalau kementerian oke, tapi di daerah?  Ya, makanya masukan itu sangat dibutuhkan oleh Bapak Presiden,” pungkasnya.

Andi Khaerul.

Comment