Pemkab Bantaeng akan Segera Bagikan Bantuan Modal UKM Berbasis Dusun

Sesi Wawancara calon penerima bantuan modal berbasis Dusun di Kantor Dinas koperasi, UMKM dan perdagangan Kabupaten Bantaeng. (BERITA.NEWS/Saharuddin).
Sesi Wawancara calon penerima bantuan modal berbasis Dusun di Kantor Dinas koperasi, UMKM dan perdagangan Kabupaten Bantaeng. (BERITA.NEWS/Saharuddin).

BERITA.NEWS, Bantaeng – Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng melaksanakan seleksi wawancara untuk para calon penerima bantuan modal usaha kecil menegah yang digelar di kantor dinas koperasi jalan Andi Mannappiang, kelurahan Lembang, kecamatan Bantaeng, pada Senin (25/11/2019) lalu. 

Menurut kepala  UPTD Pusat layanan usaha terpadu (PLUT) koperasi usaha mikro kecil menengah (KUMKM) dinas Koperasi, UKM dan perdagangan, Syafaruddin kalau kegiatan seleksi ini dilaksanakan selama tiga hari.

Terkait dengan pesertanya dirinya mengaku pihaknya hanya melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh dinas PMD, PP dan PA.

“Mereka telah dibekali pelatihan dasar kewirausahaan oleh dinas PMD,PP dan PA, yang dimana sebelumnya telah  dilakukan pendataan kemudian dilaksanakan pelatihan kepada mereka para calon penerima bantuan modal usaha” ucapnya, Kamis (18/11/2019).

Ada sekitar 201 orang calon penerima modal usaha yang dimana mereka ini berasal dari 67 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga :  Gara-gara Tegur Konsumen untuk Tidak Merokok, Karyawan SPBU di Makassar Dikeroyok hingga Terluka Parah

Menurutnya program bantuan modal usaha yang berbasis dusun ini merupakan program unggulan Bupati Bantaeng Ilham Azikin.

Dalam tahap seleksi untuk para calon penerima bantuan modal usaha berbasis dusun ini dibentuk tim penilai, yang dimana tim penilai ini membagi proses penilaian menjadi tiga tahapan.

Tahapan pertama dan kedua itu adalah untuk para pengembang usaha dan tahapan yang ketiga itu untuk mereka yang berminat dan berkeinginan untuk memulai usaha. 

“Ditanggal 26 November 2019 kami telah melakukan survei lapangan dan dari 201 orang yang terdata maka mereka akan terseleksi menjadi 75 orang pelaku usaha” jelas Syafar.

Dia mengaku kalau dalam proses dan penyaluran sampai pada tahap pembinaan itu dilibatkan semua OPD yang terkait.

Dia juga menyebut, selama tiga hari para peserta diseleksi oleh tim independen yang terdiri dari praktisi bisnis, akademisi dan Pokja OPD.

Baca Juga :  Hilang Kendali saat Tikungan, Mobil SUV Tabrak Pembatas Jalan hingga Terguling di Tol Makassar

“Para peserta diwawancarai oleh Tim Independen. Nantinya supaya jelas arah usahanya. Jangan sampai isi proposal yang diajukan berbeda dengan yang dipaparkan. Jadi bantuan ini memang diharapkan tepat sasaran.

Yang akan kita bagikan itu 75 orang pelaku usaha. Nominal tertinggi yang akan diberikan sebesar Rp 50 juta. Nominal terendah tergantung jenis usaha dan modal yang dibutuhkan, bisa juga Rp 20 juta misal kalau usahanya hanya segitu dibutuhkan,” paparnya.

Untuk pengumuman pemenang nantinya akan dilakukan pada saat hari jadi Bantaeng yang ke-765.

“Rencananya, di perayaan Hari Jadi Butta Toa nanti akan ada perwakilan pemenang untuk diserahkan bantuan secara simbolis oleh Bupati Ilham Azikin” tutupnya.

  • Saharuddin