Bos Biro Haji di Makassar Ditangkap karena Gagal Berangkatkan Jemaah, Kasusnya Mirip Abu Tours

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M Kadarislam saat rilis kasus penipuan biro haji. (detikcom)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemilik biro haji IM di Makassar, Sulsel, berinisial AH (33), ditangkap polisi atas tuduhan penipuan dan penggelapan. AH jadi tersangka karena gagal memberangkatkan jemaahnya menunaikan haji plus meski telah menyetor ratusan juta rupiah.

“Tersangka menjanjikan akan berangkatkan korban haji plus dengan nominal (setoran) Rp 100 juta. Karena (korban) suami istri, total disetorkan Rp 200 juta,” ujar Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M Kadarislam, kepada wartawan di Mapolres, Jl Ujung Pandang, Makassar, Kamis (28/11/2019).

Namun pada Maret 2019, tersangka kembali meminta korban menyetor uang tambahan Rp 140 juta. Korban menyetujui tawaran tersangka hingga total menyetor uang Rp 340 juta.

“Maka diberikanlah (korban) koper, peralatan salat, talkun, buku panduan haji. Maka ketika berangkat, (korban) diantar ke Jakarta, tapi sampai di Jakarta, korban tidak berangkat-berangkat,” ujar Kadarislam, seperti dikutip dari Detikcom.

Korban yang Pulang ke Makassar langsung melaporkan tersangka ke polisi.

“Tersangka sempat kita lakukan pemanggilan 3 kali, tapi tidak datang. Sampai kita tangkap dia di Bekasi, di rumah kosnya,” ujar Kadarislam.

Tersangka AH disebut polisi memiliki banyak korban. Namun kebanyakan mereka enggan melapor.

“Jadi kasus ini mirip-mirip Abu Tours. Cuma korbannya enggan melapor karena masih berharap uang mereka dikembalikan,” katanya.

Polisi masih terus menyelidiki sejumlah orang yang diduga terlibat dalam kasus ini. Sementara tersangka dijerat Pasal 372 Juncto Pasal 378 KUHP.

loading...