SDK: Kementan Harus Tingkatkan Pengawasan Subsidi Pupuk di Masyarakat

Suhardi Duka. (LIN/BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS, Jakarta – Anggota fraksi Demokrat di komisi IV DPR RI, Suhardi Duka (SDK) meminta secara tegas kepada Kementerian Pertanian (Kementan) agar melakukan pengawasan ketat terhadap subsidi pupuk yang diserahkan kepada masyarakat.

Suhardi menjelaskan, peredaran pupuk subsidi di masyarakat salah sasaran. Selama ini, pupuk subsidi malah didapat oleh perkebunan besar bukan para petani kecil. Artinya ini sudah salah langkah.

“Dalam raker dengan komisi IV dan Menteri pertanian dan esalon 1, saya menyoroti tentang pengawasan pupuk berdubsidi yang justru di gunakan oleh perkebunan besar bukan petani,” kata Suhardi Duka saat raker dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di gedung Nusantara IV DPR RI, Senin (18/11/2019).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Cabut Perpres "Miras"

Politisi asal Sulbar tersebut mendorong agar pemerintah bisa memberikan pemahaman untuk masyarakat agar menggunakan pupuk organik. Alasannya adalah pupuk organik akan mengurangi zat-zat kimia.

“Saya juga meminta dan mendorong penggunaan pupuk mandiri petani yaitu pupuk organik agar zat kimia tidak terlalu banyak di konsumsi,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, SDK berharap Kementerian Pertanian mengevaluasi penempatan lokasi bantuan ternak yang ada di Sulbar.

Baca Juga :  Duet Sasmito-Ika Pimpin AJI Indonesia

“Kesempatan ini juga saya meminta evaluasi penempatan lokasi bantuan ternak di Sulbar, karena tanahnya diduga tanah rakyat. Demikian juga agar PPL Kontrak dapat diangkat jadi ASN,” tutup SDK.

Muhammad Srahlin