Ini Klarifikasi dan Permintaan Hak Jawab Farid Kasim Judas

BERITA.NEWS, Makassar – Melalui kuasa hukum Farid Judas Kasim, Irham Amin SH memberikan klarifikasi dan permintaan hak jawab ke BERITA.NEWS.

Melalui surat yang dikirimkan per tanggal 4 November 2019. Irham Amin SH selaku kuasa hukum memberikan klarifikasi atas pemberitaan yang diterbitkan oleh Perusahaan Pers PT Aurora Media Utama yang dimuat dalam media online BERITA.NEWS.

Berikut Isi Surat Lengkapnya:

Dengan Hormat;

Perkenankan yang bertanda tangan di bawah ini :

Irham Amin SH, pekerjaan Advokat, beralamat di Jalan Dahlia I No 8 Kelurahan Tompotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo. Berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal 10 Mei 2019 (terlampir), dengan ini bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa Farid Kasim SH MSi selaku pelapor/ pengadu atas pemberitaan yang diterbitkan oleh Perusahaan Pers PT Aurora Media Utama yang dimuat dalam media online BERITA.NEWS.
dengan judul berita “Putra Mahkota Palopo Diduga “Dalang” Korupsi PLTMH dan Keripik Zaro Rp11 M”, tertanggal 10 Mei 2019.

Kedua, Judul Berita “Aroma Korupsi Revitalisasi Lapangan Pancasila Palopo Diduga Seret Farid Judas” tertanggal 24 Mei 2019, dan berita judul “Jilid II Korupsi jalan Lingkar Barat Rp5 M, Sinyal Penyidik Untuk Farid Judas? tertanggal 25 Mei 2019.

Ketiga berita tersebut pada pokoknya merugikan nama baik klien kami, dengan argumentasi hukum sebagai berikut:

1. Bahwa konten berita tersebut diduga kuat tidak sesuai dengan kaidah-kaidah dan kode etik jurnalistik, yaitu:
– Pemberitaan yang dituliskan bersifat asumtif dan cenderung mengandung itikad buruk dengan tidak menyebut dengan jelas dari mana sumber informasinya diperoleh
– Pemberitaan yang tidak berimbang dengan tidak melakukan verifikasi atas keakuratan informasi yang disajikan, termasuk media saudara tidak berupaya untuk mendapatkan konfirmasi dari selaku subjek berita.
– Pemberitaan-pemberitaan di media saudara tersebut berisi informasi yang sesat, bohong, fitnah, menghakimi, serta tidak menerapkan asas praduga tidak bersalah. Sehingga pelapor merasa dirugikan nama baiknya atas pemberitaan yang dibuat terlapor, yang tersebar luas melalui media sosial dan telah dikonsumsi oleh masyarakat pembaca;

2. Bahwa atas uraian diatas, berita yang dilaporkan/ diadukan tersebut, diduga bertentangan/ melanggar ketentuan Pasal 5 ayat 1, Pasal 6 huruf C dan Pasal 12, UU No 40/1999 tentang Pers, Juncto Pasal 1, Pasal 2, Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 10, Peraturan Dewan Pers Nomor: 6/ Peraturan-DP/V-2008 tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers;

Oleh karena itu, kami memberikan somasi kepada media saudara untuk segera:
1. Menyatakan permintaan maaf secara terbuka kepada klien kami, atas ketiga pemberitaan tersebut diatas secara terbuka yang dimuat di media online saudara, beserta 3 media cetak atau media daring lainnya yaitu Fajar, Tribun Timur, dan Antaranews.com.

2. Memberikan hak jawab kepada klien kami atas ketiga pemberitaan dan dimuat dalam media saudara.

Jika dalam waktu 3 x 24 jam terhitung sejak tanggal surat ini dibuat, media saudara tidak mengindahkan tuntutan kami, maka kami akan melakukan upaya hukum pidana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat ini diperhatikan. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami
Kuasa Hukum


IRHAM AMIN SH

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Tertibkan Jukir Liar di Lego-lego CPI, Tarif Satu Kendaraan Rp 10 ribu 
loading...