100 Bank Tutup, Amir Uskara: LPS Harus Tingkatkan Rasio Kecukupan Dana Talangan

BERITA.NEWS, Jakarta – Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) melaporkan kepada komisi XI DPR RI ada 100 bank di seluruh Indonesia yang tutup sejak tahun 2006 sampai 2019.

Pada umumnya, Bank yang ditutup berasal dari BPR dan satu bank umum. Di Sulawesi selatan (Sulsel) ada tiga bank yang sudah tutup.

“Tadi ada laporan BPS ada 100 Bank yang tutup, lebih banyak bank BPR, hanya satu bank umum termasuk ada tiga di Sulsel,” kata wakil ketua komisi XI, Amir Uskara, Rabu (6/10/11/2019).

Tutupnya Bank tersebut akan memberikan dampak besar terhadap nasabahnya. Kendati demikian, LPS itu hanya memberikan jaminan sesuai dengan kriteria dan aturan yang berlaku. Red bunga tidak boleh lebih dan kemudian tidak boleh lebih dari 2 miliar dalam satu rekening, kalau keluar dari itu diluar tanggung jawab BPS.

Baca Juga :  Rupiah Melemah 5 Poin pada Selasa Pagi

“Misalnya ada masalah di perbankan yang nasabah punya dana 10 miliar itu yang bisa dicover oleh BPS hanya 2 miliar,” ujarnya.

Selain itu, komisi XI meminta kepada BPS untuk meningkatkan rasio kecukupan dana talangan yang sekarang ada sekitar 118 triliun.

“Kalau bank nya yang tutup itu LPS yang bayar sepanjang sesuai dengan kriteria yang dijamin LPS seperti 2 miliar, lalu suku bunga tidak boleh lebih dari suku bunga yang dipasang LPS. Suku bunga simpanan LPS itu 7 persen. Nah kalau ada bank berikan 8 persen makanya akan ditalangi oleh bank itu,” tambah wakil ketua Partai PPP tersebut.

Baca Juga :  Rupiah Menguat 65 Poin pada Senin Pagi

Muhammad Srahlin 

loading...