Tips Menjaga Kesehatan Lambung yang Paling Efektif Agar Terhindar dari Maag

BERITA.NEWS, Jakarta – Untuk menjaga kesehatan lambung tak selamanya soal makanan saja, namun juga dari pola hidup sehari-hari yang mungkin tidak kita sadari. Berikut adalah beberapa tips yang kami rekomendasikan agar lambung anda tetap sehat.

1. Jaga asupan makanan

Tips menjaga kesehatan lambung yang pertama adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang Anda makan. Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda menginginkan lambung yang sehat, contohnya seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan memiliki kandungan lemak jahat.

Anda juga harus memastikan asupan serat yang cukup dalam makanan Anda. Baik serat larut dan tidak larut harus dipenuhi asupannya untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Kedua jenis serat ini membantu sistem pencernaan dengan cara yang berbeda.

2. Kunyah makananan dengan benar

Mengunyah makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung dan demi kelancaran sistem pencernaan. Fungsi mengunyah dengan benar agar lambung tidak kerja lebih berat untuk menghancurkan makanan.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup bertujuan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan.

Kebutuhan rata-rata air putih per hari adalah 8 gelas, namun perlu diketahui juga bahwa kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda, tergantung aktivitas yang dilakukannya.

4. Makan tepat waktu

Selain memerhatikan apa yang Anda makan, waktu makan juga menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan lambung. Menjaga jam makan yang sama setiap harinya dengan konsisten dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik.

Bukan hanya jam sarapan, makan siang, dan makan malam saja yang harus konsisten, tapi juga jam untuk camilan. Hindari ngemil terlalu sering dan di sembarang waktu. Selain itu, sebaiknya hindari juga kebiasaan makan terlalu malam.

5. Hindari konsumsi kafein

Kandungan kafein mampu memicu produksi asam lambung. Hal ini lah yang membuat minuman seperti kopi harus dihindari oleh penderita asam lambung maupun maag. Demi menjaga kesehatan lambung, sebaiknya batasi konsumsi kafein sehari-hari, meskipun Anda tidak memiliki masalah yang berkaitan dengan asam lambung.

6. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Selain menghindari kafein, menghindari kebiasaan buruk lain seperti konsumsi rokok dan minuman beralkohol juga sangat penting sebagai tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu iritasi lambung yang akan mengganggu fungsi lambung.

Selain itu, rokok dan minuman beralkohol pada dasarnya memang sangat berpotensi untuk mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, jika Anda saat ini masih aktif mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol, mulailah untuk berhenti demi hidup yang lebih sehat.

7. Konsumsi probiotik

Sudahkah Anda mengonsumsi makanan atau minuman dengan probiotik setiap hari? Konsumsi probiotik untuk meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan agar sistem pencernaan dapat berlajan dengan lebih baik. Probiotik bisa didapatkan melalui makanan dan minuman hasil fermentasi.

Probiotik tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan, tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

8. Rutin olahraga

Tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernan yang berikutnya adalah dengan olahraga rutin.

Namun jika anda menderita asam lambung, sebaiknya anda menghindari olahraga dengan intensitas tinggi. Olahraga yang direkomendasikan adalah seperti berenang, yoga, atau bersepeda. Sesuaikan juga jumlah olahraga dengan kapasitas tubuh, tidak perlu mamaksakan diri.

9. Manajemen stres

Gangguan lambung dan sistem pencernaan juga bisa disebabkan oleh stres. Oleh sebab itu, menghindari stres sangat penting agar sistem pencernaan bekerja dengan baik. Temukan kegiatan menyenangkan yang bisa menghindarkan Anda dari stres setiap harinya.

Jika anda mengamalkan tips-tips tersebut dijamin sistem pen cernaan anda akan lebih sehat dan pastnya anda akan terhindaar dari penyakit Maag. Selamat mencoba! ***