Di Era Digital Kader PKK Gowa Dituntut Cerdas Mendidik Anak

Psikolog dari Kemendikbud RI, Elizabeth Santosa saat memberikan materi dihadapan kader PKK Gowa. (BERITA.NEWS/Putri).
Psikolog dari Kemendikbud RI, Elizabeth Santosa saat memberikan materi dihadapan kader PKK Gowa. (BERITA.NEWS/Putri).

BERITA.NEWS, Gowa – Ada tujuh karakteristik anak yang tumbuh di era digital, diantaranya memiliki ambisi besar untuk sukses, generasi yang serba praktis, melakukan segala sesuatu harus cepat (instan), menyukai kebebasan, percaya diri, butuh pengakuan dan sadar digital dan menguasai teknologi.

Hal ini disampaikan langsung Psikolog dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Elizabeth Santosa dalam rangkaian Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenaga Teknis dan Kader PKK Se-Kabupaten Gowa.

“Sebagian karakter itu belum terlihat pada diri setiap anak. Tetapi, yang jelas anak yang tumbuh di era digital memang cepat menguasai apapun dan kritis to the max,” kata Dosen President University, Cikarang ini di Four Points Hotel Makassar. Jumat (1/11/2019).

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Dinas PKH Sinjai Pastikan Daging yang Beredar Aman dan Sehat

Lanjutnya, penggunaan gadget tidak selalu negatif hal ini dibuktikan dengan betapa aktifnya peran ibu di Sosial Media. Baik dalam untuk dunia kerja maupun memberi edukasi bagi anak-anaknya. 

“Ibu-ibu di sini semuanya bekerja dengan gadget kan? Di sosmed banyak juga anak-anak yang populer berkat mereka cerdas menggunakan gadget, yang penting ibu-ibu di sini memberikan aturan soal gadget pada anak. Saat anak bermain sebaiknya dampingi, diajak ngobrol. Jangan anaknya dibiarin sendirian sama gadgetnya,” kata Miss Lizzie sapaan akrabnya. 

Baca Juga :  Cegah Penularan Covid-19, Pengawasan Perbatasan Barru-Pangkep Diperketat

Seminar ini kemudian diisi dengan dialog dan tanya jawab dengan para peserta seminar yang merupakan tenaga teknis dan kader PKK perwakilan dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa yang sangat antusias mengikuti materi.

  • Putri