Mudahkan Pelayanan, Disdukcapil Jeneponto Jemput Layanan Adminduk Sampai Kepelosok Pulau

Tim Jemput Disdukcapil Jeneponto bersama Plt Kepala Kelurahan Bontorannu Muslimin jemput data Adminduk di pulau Libukang. (BERITA.NEWS/Muh Ilham).
Tim Jemput Disdukcapil Jeneponto bersama Plt Kepala Kelurahan Bontorannu Muslimin jemput data Adminduk di pulau Libukang. (BERITA.NEWS/Muh Ilham).

BERITA.NEWS, Jenonto – Dalam rangka peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto terus melakukan pendataan.

Bahkan Disdukcapil terjung langsung ke pelosok daerah yakni Pulau Libukang. Selain rutinitas kantor dalam melayani masyarakat terkait data kependudukan, pihaknya pun melakukan inovasi untuk lebih memudahkan pemohon dengan menjembut data atau berkas.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Jeneponto, Hj Isnawati, mengatakan kunjungan beberapa tim tersebut, setelah pihaknya mendapat informasi dari kepala Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Bangkala.

Kata dia, Warga di Pulau Libukang yang berada di pertengahan laut tersebut masih banyak yang belum memiliki data kependudukan, seperti, KK, KTP, Akta Kelahiran dan KIA.

Baca Juga :  Waspada, Trans Sulawesi Poros Taweli-Toboli Rawan Longsor

Mengetahui perihal tersebut, Disdukcapil menghantar beberapa tim jemput pemohon harus menyeberangi laut dengan menggunakan perahu motor katinting jarak tempuh kurang lebih 15 menit dari bibir pantai menuju Pulau Libukang.

“Ini salah satu bentuk program inovasi Disdukcapil Jeneponto untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Isnawati, Kamis (31/10/2019).

Selain itu, masyarakat juga tidak perlu lagi merepotkan diri untuk datang di kantor capil Jeneponto antrian dan meninggalkan pekerjaan mereka hanya bermohon data kependudukan.

“Kami sangat kasihan masyarakat, karena mereka yang jauh rumahnya harus menyita waktunya untuk datang bermohon apa-apa yang dibutuhkannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Buang Air di Sungai, Wanita di Mamuju Tengah Hilang Diterkam Buaya

Menurutnya, pihaknya akan berupaya mengcover semua warga yang belum memiliki data kependudukan di wilayah kerjanya. “In syah Allah, kami akan terus berinovasi. Tim kami akan mendatangi daerah-daerah terpencil menjemput data,” lanjut dia.

“Saya berharap kepada kepala Desa atau Lurah agar membangun kerjasama dengan Disdukcapil untuk memudahkan masyarakat mendapatkan data administrasi,” tambahnya.

Sementara, Plt Kepala Kelurahan Bontorannu Muslimin mengatakan sangat mengapresiasi pihak Disdukcapil. “Ini sangat membantu warga pulai Libukang yang berada di tengah laut. Selain itu mereka juga tidak jauh-jauh ke kota Jeneponto dan meninggalkan pekerjaan mereka,” pungkas Muslimin.

  • Muh Ilham
loading...