DAK 2019 Kabupaten Gowa untuk Infrastruktur Sebesar Rp61 Milyar

PPK Pembangunan Jalan DAK Rusdy Ardiyanto. (BERITA.NEWS/Putri).
PPK Pembangunan Jalan DAK Rusdy Ardiyanto. (BERITA.NEWS/Putri).

BERITA.NEWS, Gowa – Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 sebesar Rp61.351.449.150 akan membiayai pengerjaan infrastruktur yang tersebar dibeberapa wilayah di Kabupaten Gowa.

Mengingat tahun ini seluruh pengerjaan infrastruktur mulai dikebut, termasuk infrastruktur jalan. Hal ini disampaikan langsung PPK Pembangunan Jalan DAK Rusdy Ardiyanto.

Menurut Rudy, anggaran ini digunakan untuk membiayai pengerjaan infrastruktur jalan yang terbagi dibeberapa daerah. Seperti di Jalan Poros Tonrorita-Pencong sepanjang 800 meter.

“Ada delapan ruas jalan yang kita perbaiki untuk jalan Poros Tonrorita-Pencong dengan betonisasi,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (31/10/2019).

Terkait pengaspalan, Rudy menyebutkan, ada sekitar 5 Km yang tersebar di Kecamatan Biringbulu dengan 3 ruas jalan. 1 ruas jalan sepanjang 2 km di Kalukuang-Moncobalang.

Baca Juga :  Gubernur Jateng Susuri Kota Semarang, Pantau Titik Banjir

“Kita juga memperbaiki jalan di Kecamatan Tombolopao 7,5 km. Ruas jalan Manggunturu-Tassese Kecamatan Manuju-Bungaya 5,2 Km. Kemudian Maniju-Bengo tembus ke Kecamatan Parigi 4,4 Km. Kassimburang-Pakkolopompo Kecamatan Parangloe sepanjang 4, 5 Km, Tonrorita-Kecamatan Biringbuli 5,8 Km, Simpangpencong ke Kokoloe di kecamatan Biringbulu sepanjang 2,5 Km,” rinci Rusdy.

Rusdy mengaku jika pada umumnya pengerjaan jalan ini sudah rampung. Hanya saja masih ada beberapa pekerjaan pelengkap yang diselesaikan seperti Plat Deuker dan pemasangan talud.

“Untuk poros Erelembang masih dalam tahap pengaspalan,” bebernya.

Rusdy melanjutkan, kontrak pengerjaan jalan ini sampai akhir November mendatang. Jalan yang dikerjakan ini pada umumnya dalam kondisi rusak berat.

Baca Juga :  Ribuan Benih Ikan Ditebar di Sungai Galeh Temanggung

“Rata-rata ketebalan aspal jalan ini 5 Cm sesuai kontrak. Lebar rata-rata 4 meter,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk rencana pembangunan jalan pada tahun 2020 mendatang masih dalam proses perencanaan dan asistensi di Balai Peyelenggara Jalan dan Jembatan Nasional di Baddoka.

  • Putri