Begini Pesan Bupati Enrekang di Hari Sumpah Pemuda

BERITA.NEWS, Enrekang – Sumpah pemuda ke-91 menjadi spesial dengan muncul bupati dan wabup Enrekang berbusana adat Maspul disertai pimpinan OPD.

Hari sumpah pemuda ditekankan peran pemuda berjati diri menguasai kompetensi teknologi serta daya saing dan tidak terjebak dalam kejayaan pemuda dimasa lalu.

“kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama,ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian demi menyongsong masa depan dunia lebih baik,” kata Bupati Muslimin Bando Senin (28/10/2019).

Dalam pidato seragam Bupati Enrekang diterangkan, abad moderen generasi muda mampu merespon kemajuan yang terjadi dan tetap kedepankan kearifan bangsa,menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya demi kejayaan persatuan bangsa.

Kata dia, keberadaan pemuda berkarakter tangguh adalah pemuda memiliki karakter moral dan karakter kinerja, beriman dan bertaqwa,berintegritas tinggi,jujur, santun bertanggung jawab,disiplin,kerja keras,kerja,cerdas,kerja ihlas dan tuntas.

Baca Juga :  Wabup Sinjai Tanam Pohon di Halaman Masjid, Ini Pesannya

Saking canggihnya serta mudahnya akses sosial media telah menjadi tempat favorit berkumpulnya pemuda lintas negara, lintas budaya,lintas agama dalam interaksinya berjalan real time 24 jam.

“kemudahan akses informas itu, lahir generasi muda pola pikirnya serba cepat,serba instan cenderung individualistik dan gramatik sehingga harus dilandasi nilai beriman dan bertaqwa,”ucap bupati Muslimin Bando.

Lanjut Muslimin Bando, dari pesatnya perkembangan teknologi Informasi agar dimanfaatkan bijaksana dampak positif dan negatif. Ibarat mata pisau,sisi positifnya memberi jaminan kecepatan informasi demi peningkatan kapasitas pengetahuan,pengembangan sumber daya berdaya saing.

Disisi lain perkembangan dampak negatif ada informasi bersifat destruktif mulai pornografi,narkoba,pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme. Sebagai konsekwensi modernisasi dan globalisasi harus difilter.”harus pandai memfilter dari kemajuan teknologi dan informasi,”pintanya.

Baca Juga :  6.546 Rumah Warga Kabupaten Kupang Rusak Diterjang Seroja

Masih dia, Sumpah pemuda juga punya pesan moral yaitu kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan kewirausahaan dan inovatif. Dari revolusi mental terwujudnya karakter kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia.

“semangat pemuda lebih menatap membangun dunia menjadi obor penyemangat dalam pengabdian serta berpartisipasi mengangkat harkat dan martabat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,”paparnya.

Di akhir sambutan Bupati Enrekang Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke -91, semoga melalui peringatan ini selalu menghormati jasa para pemuda jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan.