Wow… Kerugian Negara Pemprov Meningkat, Kepala Inspektorat: Ditindaklanjuti TP-TGR

Plt Kepala Inspektorat Sulsel Salim AR.
Plt Kepala Inspektorat Sulsel Salim AR.

BERITA.NEWS, Makassar – Temuan Kerugian Negara dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel mengalami peningkatan.

Hal itu diakui Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai hadiri pembahasan tindak lanjut LHP tingkat OPD Pemprov di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur.

“Sudah ada peningkatan signifikan paling tidak kalau kita lihat dalam temuannya saja ya. Tahun 2017 kita 1300 an. Kemudian naik lagi 2018. Sekarang 1600 lagi. Dengan posisi kita sudah di Oktober. Triwulan Ketiga,” ucapnya kepada awak media, Jumat (4/10/2019).

Baca Juga :  Cegah Munculnya Klaster Baru, Pemerintah Siapkan Panduan Ibadah di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Sulsel Salim AR mengatakan temuan dalam LHP soal kerugian negara. Harus dikembalikan. OPD yang bersangkutan akan diberikan jangka waktu.

“Harus dikembalikan, makanya kita selesai ini kita tindaklanjuti oleh Tuntutan Perbendaharaan- Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR). Jadi disitu kita akan sidang mereka kita minta waktu kapan bisa menyelesaikan,” tegasnya.

Menurutnya, Ada bagian tertentu dalam proyek yang direncanakan tidak terealisasi. Sehingga menjadi temuan, anggaran tersebut harus segera dikembalikan.

Baca Juga :  Lahan Milik Polda Sulsel Akan Dibangun Agrowisata, Sarana Olahraga hingga Masjid

“Dia tidak kerjakan itu yang disuruh kembalikan. Misalnya, fisik. Renovasi pagar. Ada bagian tertentu kami dapat itu tidak bisa. Seperti Dispora (Gor Sudiang)  Ada bagian tertentu dia merasa clear kita temukan ini.  Rp 300 an juta. Itu harus dikembalikan,” ungkap Salim.

  • Andi Khaerul