Protes Sistem Zonasi, Forum Orang Tua Murid Nyaris Adu Jotos Di Rujab Gubernur

Aksi Unjuk Rasa Protes Sistem Zonasi Di Rujab Gubernur Sulsel

BERITA.NEWS, Makassar- Ketegangan yang hampir berujung adu jotos mewarnai aksi unjuk rasa Organisasi Pergerakan Mahasiswa (OPM) dan Forum Orang Tua Murid Kota Makassar di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur. Jumat (16/8/2019).

Aksi Unras tersebut memprotes sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang dinilai carut-marut dan merugikan masyarakat. Mengingat ada beberapa kecamatan di Makassar tidak memiliki SMA/SMK. 

Ada 5 point yang jadi peryataan sikap, diantaranya copot kadis pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo, PJ Walikota Makassar, dan Plt Kadis pendidikan Makassar yang dinilai tidak mampu urus kegaduhan yang timbul akibat sistem zonasi SMA/SMK dan SMP Negeri.

Ketua Forum Orang Tua Murid Kota Makassar, Herman Hafid Nassa yang merasa aspirasi nya tidak mendapat kejelasan pun naik pitam, bahkan mengajak salah satu Kabid Disdik Makassar berkelahi satu lawan satu. 

Baca Juga :  Pimpinan Sidang Musda KNPI Makassar Tegaskan Hasrul Kaharuddin Terpilih Sesuai Aturan Organsiasi

“Sudah ada perintah Gubernur, kenapa tidak dilaksanakan. Tidak usah lagi anda ajak ketemu saya, langsung saja laksanakan itu perintah Gubernur,” ujar Herman sambil menunjuk pejabat Disdik Sulsel dan Kota makassar tersebut.

Dalam anjuk rasa tersebut, hadir pula beberapa orang tua siswa dan anaknya jadi korban sistem PPDB online tersebut. Mereka meminta kejelasan Kadisdik Sulsel.

“Nda lama mi itu kadis pasti copot sama gubernur tunggu mi saja,” teriak Herman.

Baca Juga :  Pasien Rawat Inap RSD Wisma Atlet Tambah 20 Orang

Sementara itu, Kadisdik Sulsel Irman Yasin Limpo menerangkan zonasi tersebut sudah jadi ketentuan Permendikbud bukan kemauan dari Pemprov Sulsel.

“Saya tidak mau satu sistem saya di penjara, saya saja punya anak tidak lulus tahun lalu. Kenapa harus zonasi saya tidak tahu karena itu Permendikbud. Sosialisasi juga sudah kami lakukan. RT setiap sekolah. Kami memohon,” ucapnya dihadapan orang tua siswa.

  • KH