Konstruksi Rel KA Segmem Pangkep-Maros Macet, Terkendala Ganti Rugi Lahan

Pembangunan Rel KA Makassar-Barru. (BERITA.NEWS/KH).

Pembangunan Rel KA Makassar-Barru. (BERITA.NEWS/KH).

BERITA.NEWS, Makassar – Pembangunan Rel Kereta Api (KA) Sulsel terus alami kendala. Kali ini, pengerjaan lanjutan untuk segmen Pangkep-Maros masih alami jalan butuh harga pembebasan lahan dengan masyarakat, Minggu (4/8/2019).

Balai Teknik Perkeretaapian, Satker Kereta Api, Pemda dan BPN dikabarkan tidak punya wewenang menetapkan harga ganti rugi pembebasan lahan tersebut ke masyarakat. Sehingga beredar kabar persoalan itu kini di bawa ke ranah pengadilan.

Kepala Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulsel, Arinova G Utama mengatakan soal harga tanah tersebut ditentukan oleh lembaga independen (apparaisal/tim penaksir harga). Namun, dikatakan semuanya masih dalam proses musyawarah.

“Untuk pangkep kami belum mulai konstruksi. Ya masih proses musyaawarah bentuk ganti rugi, tapi kita target Mandai- Palanro rencana siap beroperasi pertengahan 2021,” ucapnya saat dikonfirmasi via telepon.

Arinova mengatakan untuk segmen 3 rel KA (Pangkep-Maros) (Mandalle-Mandai) akan di kerjakan disepanjang 59.6 kilometer (km) Sebelumnya, pihaknya juga telah menyelesaikan segmen Barru-Palanro sepanjang 42 kilometer (km).

“Sisanya menunggu pendanaan, kemungkinan kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) untuk penyelesaian makssar-parepare,” pungkasnya.

  • KH

Comment