Ikuti Sulsel Culture RUN, Peserta Lomba Lari akan Gunakan Pakaian Adat

Press Conference Sulsel Culture RUN Disbudpar. (BERITA.NEWS/KH)

Press Conference Sulsel Culture RUN Disbudpar. (BERITA.NEWS/KH)

BERITA.NEWS, Makassar – Perkenalkan Budaya dan destinasi pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar) Sulsel menggelar satu kegaiatan Sulsel Culture RUN rencananya dilaksanakan hari Minggu 28 Juli 2019 mendatang di depan Rujab Gubernur.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disbudpar Sulsel, Denny Irawan mengatakan kegiatan ini digelar sebagai ajang promosi dan pelestarian budaya dan wisata Sulsel. Juga sekaligus memasyarakatkan olahraga lari sebagai salah satu olahraga yang lagi trend belakangan ini.

“Sejauh ini sudah ada 40 komunitas dengan total 800 peserta. Jumlahnya masih terus bertambah. Ajang ini juga untuk mendukung program Explorer South Sulawesi,” kata Denny dalam press conference di Kantor Disbudpar Sulsel, Jum’at (26/7/2019).

Denny menyebutkan beberapa destinasi wisata yang akan dilalui oleh peserta antara lain Masjid 99 Kubah, Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, Lapangan Karebosi dan Monumen Mandala.

“Tak hanya lomba lari 7 K kategori umum yang diselenggarakan. Kami juga ada berbagai item kegiatan lainnya seperti senam zumba, lomba lari kategori kostum adat Sulsel, pertunjukan seni dan budaya Sulsel, hiburan dan berbagai doorprize,” jelasnya. 

Sulsel Culture Run adalah kegiatan lomba lari yang diikuti sekitar 800 peserta dari berbagai komunitas dan masyarakat umum. Rute yang ditempuh berjarak 7 kilometer dengan melewati beberapa destinasi wisata yang ada di Makassar.

“Lomba lari konstum adat, disitu akan dinilai kostum dari keserasian tampilan maupun dari performa mereka. Tidak berdasarkan hasil finis yang dinilai kostum mereka,”ujarnya.

Adapun rute, Jalan Jend Sudirman, Haji Bau, Metro Tanjung Bunga, Durian, Lamadukelleng, Mukhtar Lu’m, Somba Opu, Pattimura, Pasar Ikan, Riburane, Ahmad Yani dan finis kembali ke Jalan Jend Sudirman.

  • KH

Comment