KLA 2019 Meningkat, Kementerian PPPA Akui masih Banyak Kekerasan Anak

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Lenny S Rosalin. (BERITA.NEWS/KH).
Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Lenny S Rosalin. (BERITA.NEWS/KH).

BERITA.NEWS, Makassar – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) berikan apresiasi dan penghargaan kepada Kabupaten dan Kota se-Indonesia di hotel Sheraton Four Point Makassar. Selasa (23/7/2019).

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Lenny S Rosalin mengatakan akan ada 247 kabupaten dan kota se-Indonesia akan terima apresiasi dan penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) 2019.

“Ada 247 kabupaten dan kota terima penghargaan KLA 2109 se-Indonesia, jumlah ini meningkat 40 persen lebih, dari tahun 2019 sebanyak 127 kabupaten kota,”  ucapnya dalam press conference Kementrian PPPA.

Baca Juga :  532 Pasien COVID-19 Wisma Atlet Masih Jalani Rawat Inap

Meski begitu, pihaknya juga tak menampik masih banyaknya tingkat kekerasan anak tersebar di setiap daerah se-Indonesia. Olehnya itu, dibutuhkan komitmen kepala daerah dan pemerintah provinsi, kabupaten kota hadirkan perlindungan anak.

“Kita akui masih ada kekerasan. Tapi salah satu perwujudan komitmen negara setiap anak berhak tumbuh kembang terlindungi dari tindak kekerasan dan diskriminasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian PPPA Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan penghargaan KLA tersebut, bagian dari komitmen pemerintah menjamin tumbuh kembang anak.

“Ini Tahun ke 10 forum anak nasional, 10 tahun sudah membina hasilkan diseluruh kabupaten dan kota . Program pembangunan daerah termasuk pembangunan jangka nasional,” pungkasnya.

Baca Juga :  Anies Izinkan Bioskop Beroperasi dengan Kapasitas 50 Persen

Diketahui, Khusus Sulsel hanya ada 14 Kabupaten Kota diprediksi dapat penghargaan KLA 2019. Diantaranya  Makassar, Bantaeng, Bulukumba, Sidrap, Sinjai, Bone, Maros, Gowa, Luwu Utara, Palopo, Luwu Timur, Parepare, Soppeng, dan Takalar. 

  • KH