Tiga Penyakit ini Mewabah Pasca Lebaran

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin. (Berita.news/ACP).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin. (Berita.news/ACP).

BERITA.NEWS, Gowa – Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang mewabah pasca lebaran. Sebut saja batuk, pilek dan demam. 

Meskipun terdengar sepele, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin menyarankan  penyakit ini harus tetap diberikan penanganan. 

“Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh kita yang rendah apalagi cuaca saat ini tidak menentu. Tapi hal tersebut memang sudah biasa terjadi di masyarakat. Tapi begitu hari ke dua pasca lebaran, penyakit tersebut perlahan hilang dan juga berkat adanya pengobatan. Jadi ini bukan fenomena,” ujarnya, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga :  Menpora RI Siap Buka Liga Beringin di Bone

Dr Hasanuddin juga menjelaskan, jika penyakit tersebut muncul karena beberapa faktor yang melatarbelakangi. Diantaranya konsumsi makanan yang kurang higienis dan tidak terkontrol.

“Contohnya saja penyebab penyakit pilek yang dimana penyakit tersebut akibat konsumsi es yang tidak terkendali pada bulan Ramadan maupun pasca lebaran,” jelasnya. 

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola makan dan kebersihan makanan serta minuman, mengingat momen saat ini masih merupakan momen lebaran.

  • ACP