Bupati Bantaeng Perkenalkan Inovasi Terminal Darah di IAI

Bupati Bantaeng (tengah) bersama tim IAI.(Berita.news/Fitriani Aulia Rizka)
Bupati Bantaeng (tengah) bersama tim IAI.(Berita.news/Fitriani Aulia Rizka)

BERITA.NEWS, Bantaeng – Bupati Bantaeng DR Ilham Azikin memperkenalkan inovasi terminal darah puskesmas kepada tim penilai Indonesian Attractivenes Indeks (IAI) di Gedung Redaksi Majalah Tempo, Jakarta, Senin (24/6/2019). 

Inovasi terminal darah adalah salah satu inovasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Bantaeng untuk menjamin ketersediaan darah bagi ibu melahirkan di tingkat puskesmas. 

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, berkat adanya terminal darah ini, cakupan ibu melahirkan di fasilitas kesehatan semakin meluas. Tidak hanya itu, angka kematian ibu melahirkan juga bisa ditekan. ketersediaan darah di Faskes bisa menjamin ibu yang melahirkan tidak akan kekurangan stok darah di tingkat puskesmas. 

Baca Juga :  Penanggulangan Bencana, Bapena PPNI Luwu Siap Bersinergi dengan Pemkab 

“Berkat inovasi ini, kematian ibu melahirkan akibat kekurangan darah bisa ditekan,” kata Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, inovasi kesehatan ini berjalan dengan baik setelah mendapat dukungan dari tiga pilar yang ada di Bantaeng. Dia menyebut, ketiga pilar itu adalah pemerintah daerah, swasta (Perbankan dan BPJS) serta tokoh masyarakat di Bantaeng. 

“Dukungan tiga pilar ini sangat membantu. Sinergi yang tercipta membuat inovasi ini berjalan dengan baik,” jelas dia. 

Baca Juga :  Penanggulangan Bencana, Bapena PPNI Luwu Siap Bersinergi dengan Pemkab 

Inovasi terminal darah ini mendapat apresiasi dari IAI dan dewan redaksi majalah Tempo. Pada kesempatan itu, kegiatan ini juga diselingi dengan silaturahmi dengan dewan redaksi majalan Tempo. Kesempatan itu juga dilakukan untuk memperkenalkan program kerja Bupati Bantaeng lima tahun ke depan. 

  • Fitriani Aulia Rizka