126 Sekolah di Gowa Dapat Kucuran DAK dari Pusat

Salah satu sekolah di Gowa yang mendapat kucuran DAK dsri Pemerintah Pusat. (Berita.news/ACP)
Salah satu sekolah di Gowa yang mendapat kucuran DAK dsri Pemerintah Pusat. (Berita.news/ACP)

BERITA.NEWS, Gowa – Sebanyak 126 sekolah di Kabupaten Gowa mendapatkan Dana Alokasi khusus (DAK) pendidikan dari pemerintah pusat pada tahun 2019. Selasa (25/6/2019)

Dari 126 sekolah ini diantaranya 109 SD dan 17 SMP, dimana sekolah-dekolah ini dibackup dana perbaikan melalui anggaran DAK pendidikan tersebut. 

Rapat sosialisasi DAK kepada para kepala sekolah penerima bantuan pun telah dilakukan di Hotel Gahara, Makassar sepekan lalu. Hal ini disampaikan langsung 
Kepala Bidang (Kabid)  Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Muhammad Taufik. 

“DAK ini sifatnya swakelola penuh. Pelaksana pekerjaan sepenuhnya dilaksanakan oleh kepala sekolah,” tutur Taufik.

Baca Juga :  Bupati Luwu Hadiri PSBM XXII di Makassar

Lanjutnya, jika dibanding dengan penerima bantuan DAK tahun lalu, tahun ini lebih meningkat. Itu juga karena nilai alokasi DAK Pendidikan yang dikucurkan pusat untuk Kabupaten Gowa meningkat signifikan. 

“Sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan DAK ini bakal direhab. Jadi memang sebagian besar direhab. Ada juga sekolah yang mendapatkan tambahan Ruang Kelas Baru (RKB), sebagian lagi pengadaan,” ujar Taufik.

Sementara itu Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan  (PPTK) DAK SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Husain menjelaskan, bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mendapatkan bantuan DAK tahun ini diakui Husain memiliki kondisi yang memprihatinkan, rata-rata kerusakannya diatas 60 persen.  

Baca Juga :  AAS Resmi Nahkodai IKA UNHAS, Gubernur Andalan Ucapkan Selamat Kakanda

“Sebelumnya sekolah itu disurvei layak atau tidak. Setelah itu baru kita usulkan, dan yang putuskan Direktorat Kemendikbud RI,” jelas Husain.

  • ACP