Kekurangan Armada, Kadis Damkar Luwu Ajukan Bantuan Mobil ke Pemprov

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu, Achmad Awwabin.(Berita.news/Asri)
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu, Achmad Awwabin.(Berita.news/Asri)

BERITA NEWS, Luwu – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengajukan bantuan armada mobil pemadam kebakaran ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat utamanya wilayah terpencil.

Saat ini baru memilik enam unit mobil Damkar sehingga ingin menambah jumlah armada sebanyak empat unit. Hal ini merujuk pada peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 122 Tahun 2018, tentang Standarisasi Saran dan Prasarana Pemadam Kebakaran di daerah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu, Achmad Awwabin mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan surat permohonan bantuan hibah mobil Damkar ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak empat unit armada mobil Damkar belum lama ini.

Baca Juga :  TP PKK Luwu Sosialisasikan Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, PHBS dan 5 Pilar STBM

“Kami sangat berharap permohonan itu bisa terealisasi. Karena kami masih kekurangan jumlah armada sampai saat ini,” terangnya, Senin (24/6/2019).

Untuk wilayah manajemen kebakaran di Kabupaten Luwu sebesar kurang lebih 3000,25 km persegi, kata awwabin tentu memerlukan sarana dan prasarana yang menunjang dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya pada wilayah terpencil jika terjadi bencana kebakaran.

“Kalau tidak ada halangan akhir bulan Juli bantuan dari Pemprov Sulsel berupa empat unit mobil damkar yang berasal dari Jepang. Itu sesuai dengan permohonan bantuan yang kami ajukan,” tukasnya.

Baca Juga :  Bupati Luwu Hadiri PSBM XXII di Makassar

Ditambahkannya, jika bantuan tersebut nantinya terealisasi. Maka, pihaknya tentu akan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan tugas dengan adanya tambahan armada mobil Damkar.

  • Asri