128 Warga Takalar ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK

Suasana pelatihan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Takalar, Senin (24/6/2019).(Berita.news/Abdul Kadir)
Suasana pelatihan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Takalar, Senin (24/6/2019).(Berita.news/Abdul Kadir)

BERITA.NEWS, Takalar – Bupati Takalar H. Syamsari membuka secara resmi pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan pattallassang, Takalar yang dihadiri Ketua tim Penggerak PKK Takalar Hj Irma Andriani Kepala BLK Makassar, As’Adiah dan Plt. Kadis UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Takalar, Senin (25/6/2019) siang.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK Makassar melalui Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Takalar ditandai dengan pemasangan kartu tanda peserta oleh Bupati Takalar kepada 8 orang perwakilan siswa dari masing-masing kejuruan.

Bupati Takalar dalam arahannya menyampaikan diantaranya bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama pemerintah untuk membangun SDM yang berkualitas, yang dapat menjadi SDM yang mandiri.

“Melalui BLK ini, saya harap para siswa pelatihan ini dapat sungguh-sungguh menjalani proses belajar mengajar, mengasah skil dan berharap akan melahirkan tenaga kerja yang handal dan menciptakan lapangan kerja secara mandiri,” harap Syamsari.

Baca Juga :  Arahan Bupati Luwu Minta ASN Kembali Perkuat Sinergitas

Sementara itu, Kepala UPT BLK Takalar Basri dalam laporannya menjelaskan bahwa elatihan berbasis kompetensi ini melalui Dana DIPA BLK Makassar tahun anggaran 2019 dengan 8 paket pelatihan dengan 6 kejuruan yakni kejuruan listrik, menjahit, Las, Otomotif, komputer dan kejuruan tata kecantikan.

“Pelatihan berlansung dari tanggal 17 Juni sampai 27 Juli 2019 diikuti sebanyak 128 orang dari warga Takalar. Dengan jumlah 8 kelas yang diisi masing-masing jurusan sebanyak 16 siswa dengan tujuan kegiatan yakni Meningkatkan SDM warga Takalar, meningkatkan kompetensi kerja sesuai keahlian masing-masing dan meningkatkan kompetensi dalam membuka lapangan kerja,” jelas kepala UPT BLK.

Baca Juga :  LSM Somasi Soroti Dugaan Penyimpangan Penggunaan Dana Bos SD IV Sungguminasa 

“Untuk mendapatkan sertifikat kompetensi, para siswa usai melakukan pelatihan, akan diuji kembali melalui uji kompetensi yang akan diuji dari BLk Makassar dan BLK Takalar,” tambahnya.

Sebelum membuka pelatihan, Bupati Takalar didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Takalar menutup pelatihan berbasis kompetensi dasar  yang telah dilaksanakan sebelumnya dari tanggal 27 April sampai 27 Juni 2019 lalu. Penutupan tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat uji kompetensi dan sertifikat secara simbolis kepada 8 perwakilan siswa dari 128 siswa yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya.

  • Abdul Kadir