Rayakan Milad ke-65, UMI Launching Aplikasi MEMO

Perayaaan Milad UMI ke-65 di auditorium AL-Jibra Kampus II UMI, Minggu (23/6/19).(Berita.news/Ratih Sardianti Rosi)
Perayaaan Milad UMI ke-65 di auditorium AL-Jibra Kampus II UMI, Minggu (23/6/19).(Berita.news/Ratih Sardianti Rosi)

BERITA.NEWS, Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) hari ini memperingati hari lahirnya ke-65 tahun (23 Juni 1954 – 23 Juni 2019) di di auditorium AL-Jibra Kampus II UMI, Minggu (23/6/19).

Bertambahnya usia, tentu dibarengi dengan pengharapan akan makin bertambahnya kedewasaan dalam berkarya, menguatkan komitmen akan perubahan Demi kemajuan UMI menuju World Class University.

Milad Umi merupakan momen paling penting yang dirayakan dengan semangat, penuh kesyukuran dan kebahagiaan sekaligus refleksi diri (Muhasabah), apa yang telah dilakukan dalam perjalanan sejarahnya dan agenda kedepan. Hal ini pula menyadarkan kepada kita semua civitas akademik UMI, menjadikan millet sebagai momentum refleksi dan mengukur langkah kedepannya.

Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,MSi dalam laporannya memaparkan UMI saat ini membina 13 fakultas dan program pasca sarjana ( magister dan doktor) dengan jumlah 56 program studi, terdiri atas 34 program studi jenjang S1, 2 program studi D3, 6 program profesi dan 11 program studi magister (S2), serta tiga program doktor.

” Alhamdulillah, Umi telah meraih akreditasi unggul dengan nilai “A” bulan Desember 2018 oleh BAN PT. Torehan prestasi ini, UMI kembali mencatat prestasi sebagai PTS pertama dan satu-satunya di luar pulau Jawa. Bahkan dari 4.674 perguruan tinggi negeri dan swasta se-indonesia, UMI berada pada peringkat ke-64 ( kemenristekdikti, tahun 2018)”, Ungkap Basri.

Baca Juga :  DPRD Makassar Launching eRO'TA Terima Aspirasi Masyarakat

Selain itu, salah satu ikhtiar yang juga telah dilakukan adalah akreditasi program studi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) terutama kepada 17 program studi yang telah terakreditasi “A”.

Umi juga mendapat kepercayaan dari kemenristekdikti sebagai penerima program asuh PT Unggul 2019, kami patut berbangga karena Umi satu-satunya PT Indonesia Timur yang ditetapkan sebagai penerima program tersebut batch I. 

“Umi akan mendampingi penyusunan SPMI, kepada 34 program studi dengan akreditasi C dari 45 perguruan tinggi yaitu 3 PT di Kabupaten Toli-toli, universitas madako, STIP Mujahdidin dan STAI Al Munawarrah Toli-toli Universitas Iqra buru, di Pulau Buru,” tutur guru besar fakultas ekonomi dan bisnis Umi ini.

Orasi ilmiah milad ke-65 UMI Disampaikan oleh Bapak Anwar Sanusi, Ph.D ( Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia) dengan tema “pembangunan karakter unggul nasional pada masyarakat pedesaan dan Daerah Tertinggal”.

Selain itu, hari ini kami juga akan melaunching Umi memo, 1 aplikasi pertama yang ada di perguruan tinggi seluruh Indonesia yang berfungsi membantu mempermudah penyebaran informasi meeting and event yang akan berlangsung. Aplikasi ini dibuat oleh Dekan Fakultas Ilmu komputer beserta tim, dan diharapkan dapat mendorong kinerja dan produktivitas kerja dalam lingkup UMI khususnya dalam menyampaikan informasi, berupa argumentasi ataupun dalam berinteraksi organisasi.

Baca Juga :  DPRD Makassar Launching eRO'TA Terima Aspirasi Masyarakat

Pada milad kali ini, dirangkaikan pada penandatanganan MOU dengan 11 Mitra yakni : Kementerian PKDT RI, Korean Institute for Education and culture, Universitas Terbuka, Universitas Dumoga Kotamobagu, Universitas tompotika Luwuk pemerintah Kab. Pangkep, pemerintah Kab. Mamuju Tengah, pemerintah Kab. Luwu Timur, Polda Sulawesi Barat, corporate communication Media Group (Medcom), dan PT Fajar Media Group.

Dikesempatan ini, kami juga memberikan penghargaan kepada dua tokoh dan mitra yang telah berjasa dalam mengembangkan pendidikan karakter UMI menuju WCU, yakni kepada konjen Australia, Richard Mathew dan keluarga Alm. Drs. KH. Abdul Amin ( inisiator model pendidikan karakter UMI).

  • Ratih Sardianti Rosi