Menpan-RB Siapkan 245.173 CPNS. Gowa Belum Tetapkan Kuota

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa Muh Basir. (Berita.news/ACP).
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa Muh Basir. (Berita.news/ACP).

BERITA.NEWS, Gowa – Pasca penetapan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Pemerintah Pusat sebanyak 245.173 lowongan, Kabupaten Gowa belum menentukan jumlah kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibutuhkan.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa Muh Basir, Jumat (21/6/2019).

Dimana, jumlah tersebut guna mengisi kebutuhan di pemerintah pusat maupun di daerah. 

Muh Basir juga menjelaskan, pihaknya saat ini masih mengkoordinasikan hal tersebut kepada Bupati Gowa.

“Kalau kuota untuk di daerah belum ada karena ada beberapa persyaratan yang diminta oleh Kemenpan RB. Jadi prosesnya masih panjang,”
ujarnya.

Diketahui, lowongan CPNS sebanyak itu di antaranya untuk kebutuhan pemerintah pusat dan daerah. 

Baca Juga :  Kodim Gowa Berhasil Salurkan BLT-Migor ke 4.000 Masyarakat Kurang Mampu

Dimana, untuk pemerintah pusat ada total 46.425 orang yang dibutuhkan dengan rincian untuk PNS sebanyak 23.213.

“Jumlah tersebut diisi pelamar umum 17.519 orang dan dari sekolah kedinasan 5.694 orang. Kemudian, untuk PPPK yang diisi dari eks THK-II dan honorer sebanyak 23.212 orang,” rinci BasirĀ 

Disamping itu, untuk CPNS pemerintah daerah lowongannya sebanyak 207.748. Angka tersebut dengan rincian kebutuhan PNS 62.324 dan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diisi dari eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) dan honorer sebanyak 145.424.

Untuk kebutuhan lowongan CPNS sendiri yang jumlahnya 62.324, sebanyak 62.249 diisi pelamar umum dan yang diisi dari sekolah kedinasan sebanyak 75 orang.

Baca Juga :  Oknum RW di Gowa Diduga Semena-mena Ingin Tutup Sekolah, Guru dan Warga Resah

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan, lowongan CPNS dan P3K akan dibuka sehabis lebaran. 

“Memang rencana tahun ini kita akan merekrut lagi 100 ribu PNS ya. Dan PPPK 150 ribu tapi sudah berjalan. PPPK itu sudah direkrut sekitar 52 ribu yang lalu di bulan kemarin ini Januari. Jadi nanti ada selanjutnya lagi untuk PPPK” jelas Syafruddin belum lama ini. 

  • ACP