Telan Anggaran Rp.852 M, Pemprov dan BBPJN XIII Bahas Jalan Penghubung Tiga Daerah

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama BBPJN XIII Makassar, Rabu (19/6/2019).(Berita.news/KH)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama BBPJN XIII Makassar, Rabu (19/6/2019).(Berita.news/KH)

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bahas rencana pembangunan jalan poros di tiga daerah bersama Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Miftachul Munir, di Kantor Gubernur Sulsel.


Jalan tersebut, yakni penghubung kota makassar-Sungguminasa Gowa dan jalan penghubung antara kabupaten Takalar tembus Jeneponto. Keseluruhan jalan tersebut mencapai 85.24 kilometer. Dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp.852 Miliar.


“Kita harus mendorong ini percepatan pembangunan. Kasian orang lewat dengan kecepatan tinggi tiba-tiba ada lubang di tikungan tajam, untung kalau jalan lurus bisa dilihat,” kata Nurdin Abdullah di kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urin Sumoharjo Makassar, Rabu (19/6/2019). 


Sebelumnya, Nurdin Abdullah juga sudah menyampaikan semua program prioritas di 24 kabupaten kota se-Sulsel kepada Menteri PUPR RI. Penyampaian tersebut masing-masing program Binas Marga dan SDA Pemprov Sulsel. Termasuk, ruas jalan Luwu-Seko, kemudian Seko-Sigi dan Seko-Mamuju.


“Kita berharap bahwa tidak hanya sampai Seko tetapi kita harapkan akan menjadi segitiga emas, nanti akan menghubungkan antara Sulawesi Tengah melalui Kabupaten Sigi dan yang kedua ke Sulawesi Barat melalui Mamuju,” ucapnya.


Begitu pula, untuk ruas jalan dari Bua menuju Rantepao. Jalan tersebut direncanakan akan menjadi dua jalur dengan 4 lajur. “Ini untuk akses destinasi wisata Toraja dan mendukung pengembangan wilayah regional Luwu,” pungkasnya.

  • KH