Jaringan 5G Smartphone Lipat Huawei Bisa Download File Hingga 1Gbps

Smartphone lipat Huawei Mate X yang dilengkapi jaringan 5G. (Foto: ZDNet)
Smartphone lipat Huawei Mate X yang dilengkapi jaringan 5G. (Foto: ZDNet)

BERITA.NEWS, Shanghai– Pasca Google dan Android mencabut sistemnya di perangkat Huawei, raksasa teknologi dan jaringan komunikasi Cina itu justru melakukan uji coba pengunduhan jaringan 5G.

Uji coba unduhan jaringan 5G dilangsungkan di Huawei Shanghai Research Institute, Cina, pada Selasa (11/6/2019), atau sehari setelah Pemerintah Cina menerbitkan lisensi komersial untuk fitur ini secara nasional.

Jaringan 5G Huawei diklaim dapat mengunduh atau mendownload file dengan kecepatan downstream 1Gbps dan kecepatan upstream mendekati 100 Mpbs

Selain menguji coba jaringan 5G, Huawei juga sedang mempersiapkan peluncuran smartphone lipat pertama mereka yang diberi nama Huawei Mate X pada akhir Juni tahun ini.

“Kami menantikan komersialisasi jaringan 5G dan Mate X, yang akan memungkinkan pengguna merasakan produk dan jaringan yang baik,” kata CEO Bisnis Konsumen Huawei, Richard Richard Yu di akun Weibo-nya, dilansir dari ZDNet, Rabu (12/6/2019).

Uji coba jaringan 5G Huawei pada ponsel lipat Mate X. (Foto: IST)

Huawei Mate X dilengkapi dengan chipset modem multi-mode 7nm 5G yang juga diklaim pertama di dunia.

“Kecepatan pengunduhan 5G yang belum pernah terjadi sebelumnya”, kata Huawei dalam siaran persnya.

Uji coba jaringan 5G dan rencana peluncuran Huawei Mate X dilakukan pada saat Google dan sejumlah perusahaan media sosial menarik produknya dari perangkat ini.