Halal Bihalal Karang Taruna Bantaeng Sekaligus Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik digelar Karang Taruna sembari halal bihalal usai Hari Raya Idul Fitri, Rabu (12/6/2019).
Pelatihan jurnalistik digelar Karang Taruna sembari halal bihalal usai Hari Raya Idul Fitri, Rabu (12/6/2019).

BERITA.NEWS, Bantaeng – Karang taruna tingkat kabupaten dan kecamatan melakukan halal bihalal di Sunrise Cafe, Kekurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng pada Rabu (12/6/2019).

Momen silaturahmi ini dijadikan pula sebagai ajang saling berbagi ilmu yang dikemas dalam pelatihan jurnalistik. Hal itu pun diharap mampu mengantarkan para generasi milenial dapat berkontribusi dalam kemajuan teknologi 4.0 di Kabupaten Bantaeng.

Hadir sebagai pemateri, seorang wartawan Kompas TV, Muhammad Gibran. Diketahui Gibran sudah berkecimpung di dunia media selama delapan tahun.

Ketua karang Taruna Kabupaten Bantaeng, Ahmad Yani berharap dengan adanya kegiatan kreatifitas jurnalis ini, tentunya Karang Taruna di desa dapat mengekspose hal-hal positif, serta mempromosikan potensi di wilayah desa masing-masing.

“Tentunya dengan faedah dan memahami Kode Etik Jurnalis dan UUD ITE,” tuturnya.

Dalam Kesempatan yang sama, Gibran secara spesifik memaparkan kode etik jurnalis.Dia juga berbagi pengalaman tentang dunia media dan perananya. 

“Menjamurnya media sosial membuka pintu untuk kita masuk, tapi jangan terperangkap di dalamnya denga berita hoaks yang kian marak,” katanya.

Menurutnya dari beberapa hasil survei, klasifikasi umur 40 tahun keatas cenderung menshare berita tanpa menyaringnya.

“Sedangkan umur 50-60 tahun ke atas di kategorikan Beby Boomert (kaget media sosial). Olehnya itu, kita perlu bijak dalam bersosial media menyaring sebelum membagikan dan ketika informasih itu tidak bermanfaat hentikan cukup kita yang mengetahuinya,” pungkasnya.

  • Fitriani Aulia Rizka