PSSI Seleksi Ratusan Wasit Liga 2 Indonesia

Ilustrasi wasit Liga Indonesia. (Foto: IST)

BERITA.NEWS, Jakarta – PSSI melakukan seleksi terhadap kandidat wasit dan asisten wasit yang bakal memimpin jalannya pertandingan Liga 2 Indonesia 2019.

Jika tak ada aral melintang, seleksi wasit Liga 2 akan digelar PSSI dengan tajuk “Referee Pro League Course Selection 2019” di Fame Hotel Gading Serpong Tangerang, Selasa sampai Kamis, 11-13 Juni 2019.

Para pengadil lapangan yang dipanggil PSSI mengikuti seleksi adalah wasit dan asisten wasit yang telah memenuhi standar penilaian performa wasit. Jumlahnya mencapai 67 wasit dan 76 asisten wasit. 

Para wasit dan asisten wasit ini nantinya, selain mendapatkan pengajaran teori, mereka juga akan mendapatkan sesi praktek berupa tes fisik yang akan bertempat di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang.

Baca Juga :  Jadwal, Hasil, dan Klasemen Liga Inggris: West Ham Jaga Mimpi Debut Liga Champions

“Mereka yang mengikuti program ini merupakan para wasit dan perangkat yang selama ini dinilai memiliki kinerja baik pada musim kompetisi Liga 2 sebelumnya. Kompetensi mereka cukup baik dan sekali lagi integritas mereka sudah teruji,” ujar anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto, di Jakarta, Senin (10/6/2019) dikutip dari laman PSSI.

Dalam program kursus penyegaran wasit-wasit ini, Purwanto menyebutkan materi yang berkaitan dengan integritas menjadi fokus utama. Selain itu, ditambah dengan materi lainnya, seperti regulasi, dan penguatan motivasi.

Menurut Purwanto, PSSI serius untuk terus memperbaiki kinerja wasit dan perangkat pertandingan lainnya. Para wasit dan perangkat pertandingan pun menyadari bahwa citra dan integritas mereka sebagai pengadil di lapangan berada di tangan mereka sendiri.

Baca Juga :  Jadwal, Hasil, dan Klasemen Liga Italia: Milan Perkecil Jarak dari Puncak

“Saya harap mereka menjadikan ini untuk menguji kompetensi mereka. Maka dari itu, wasit-wasit ini harus serius dalam menjalaninya,” ujar Purwanto yang juga merupakan mantan wasit nasional.

Liga 2 Indonesia 2019 rencananya akan bergulir pada 22 Juni 2019 dan akan diikuti 23 tim yang terbagi ke dalam dua grup yakni timur dan barat.