Tinjau Korban Banjir, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Serahkan Bantuan

BERITA.NEWS, Belopa -Bupati Luwu, Basmin Mattayang turun langsung melihat warga korban banjir di sejumlah titik, Minggu 9Juni 2019.

Pada kesempatan itu, Basmin juga membawa bantuan logistik untuk para korban banjir. Seperti yang tampak di Lingkungan Cappie Kelurahan Larompong.

Basmin didampingi petugas dari BPBD Luwu dan Sapma Pemuda Pencasila, menyerahkan beberapa bantuan kepada korban.

Basmin mengimbau kepada warga, agar tetap waspada. Ia berjanji, pihaknya akan segera mencarikan solusi dari masalah bajjir yang kerap terjadi di sejumlah titik di Luwu.

“Kami harap masyarakat untuk selalu waspasa, insya Allah kita akan carikan solusi dari masalah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Luwu, Muh Ansir Ismu, menjelaskan, sejumlah titik di Luwu yang dilanda banjir akibat hujan deras beberapa hari ini.

Baca Juga :  TP PKK Luwu Sosialisasikan Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, PHBS dan 5 Pilar STBM

Diantaranya di Lingkungan Cappie Kelurahan Larompong, yang banjir sejak 7 Juni 2019 hingga 08 Juni 2018. Saat ini air mulai surut.

Sementara di Kecamatan Suli banjir di Desa Malela, Desa Buntu Kunyi, Desa Botta, Desa Lempopacci, Kelurahan Suli, dan Desa Padang Lambe. Untuk di Kecamatan Suli Barat terjadi di Desa Lindajang, dan Desa Buntu Barana.

Sedangkan di Kecamatan Ponrang, banjir terjadi di Kelurahan Padang Subur, Desa Buntu Kamiri, dan Desa Tanjong.

Kecamatan Kamanre juga dilanda banjir di Kelurahan Cilallang, dan di Kecamatan Belopa, bajir terjadi di Desa Kurrusumanga.

“Hingga kini, korban jiwa akibat banjir ini masih nihil, dan kita berharap tak ada korban. Sementara itu, ada 550 rumah warga terendam, termasuk masjid, sekolah, sawah, dan Puskesmas,” jelas Ansir.

Baca Juga :  Bupati Luwu Hadiri PSBM XXII di Makassar

Ansir menjelaskan, untuk Desa Malela Kecamatan Suli, terdapat 300 rumah terendam, sawah gagal panen sekitar 50% dari 130 hektar.

“Saat ini, pemerintah bersama tim TRC BPBD Luwu tengah membantu warga untuk mengevakuasi barang barang warga, dan mengambil data, dan memberikan Logistik kepada yang terdampak,” ujarnya.