The Aska, Mobil Terbang Pertama yang Siap Diproduksi

Desain mobil terbang Aska yang akan diproduksi oleh perusahaan startup Nex F

BERITA.NEWS – Mendesain mobil terbang tidak akan mudah. Sudah hampir 80 tahun sejak perintis otomotif Henry Ford menulis pada tahun 1940 bahwa akan ada kombinasi antara pesawat dan mobil.

Apa yang dikatakan Henry Ford kian mungkin akan segera terjadi. Perusahaan startup Next Future Transportation (NFT) yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS) bakal mewujudkan kombinasi pesawat dan mobil.

Startup NFT kini bersiap memproduksi mobil pertama yang bisa melaju di darat dan terbang di udara dan diberi nama The Aska.

Baca juga: Ini Beberapa Aplikasi Penyadap WhatsApp

Perusahaan bakal mengungkap bagaimana model Aska pada konferensi Israel Senin pekan depan, setelah mengerjakan desain mobil terbang selama dua tahun terakhir.

Secara spesifik, mobil Aska memiliki panjang 6 meter. Jika diatur untuk terbang, maka mobil ini akan mengeluarkan sayap lipat berukuran lebar 12 meter.

Mobil terbang merek Aska saat dalam pengaturan melaju di darat. (Foto: CNET/NFT)

Mobil Aska akan diuji terbang pada kuartal pertama tahun 2020 dan dijual ke pasar pada tahun 2025.

Kepala Eksekutif NFT, Maki Kaplinsky, mengungkap bahwa ketika mobil Aska sedang berada di jalan, mobil ini akan menjadi ukuran SUV yang besar dan mampu memuat minimum tiga penumpang.

Saat diatur untuk terbang, mobil ini akan lepas landas secara vertikal dan terbang secara otonom untuk jarak jangkau hingga 150 mil dengan tiga penumpang tanpa diperlukan pilot.

“Anda menyelesaikan masalah lalu lintas, masalah membuang-buang waktu,” kata Maki Kaplinksy, dalam wawancara secara ekslusif kepada CNET, dikutip Sabtu (7/6/2019). “Kami memiliki cara perjalanan yang paling efisien dan paling nyaman untuk masa depan.”

Untuk dapat terbang, mobil Aska tidak memerlukan landasan. Kekuatan baling-baling menusuk tubuh kendaraan itu sendiri akan mendorong pesawat secara vertikal.

Setelah lepas landas, kipas yang menghadap ke belakang akan mendorongnya ke depan sehingga sayap dapat menghasilkan daya angkat dan Aska dapat terbang dengan jarak yang lebih jauh lebih efisien.

Rentang penerbangan maksimum adalah 350 mil, tetapi hanya dengan satu penumpang. Lantas berapa harga untuk satu unit mobil Aska yang bisa terbang?

Baca juga: Bosan “Diteror” Nomor Asing? Begini Memblokir Nomor di HP Android

NFT memperkirakan mobil Aska akan dijual sebesar $ 200.000 atau dalam kurs rupiah setara Rp2 milar saat peluncuran perdana.

Namun, jika Anda tak mampu membeli mobil ini, maka jangan khawatir, perusahaan bakal membuka jasa penyewaan mobil Aska untuk satu kali perjalanan sebesar $ 200 hingga $ 30.

“Kami tidak membangun sesuatu untuk orang kaya,” kata Chairman NFT, Guy Kaplinsky. “Kami sedang membangun sesuatu yang semua orang akan mampu.”

Tetapi NFT tak sendiri. Ada banyak kompetitor yang juga mempersiapkan mobil terbang, seperti Kitty Hawk yang didanai salah satu pendiri Google, Larry Page.

Juga ada Ehang dari Tiongkok yang mempersiapkan mobil terbang. Ada Terrafugia, yang berharap dapat menjual mobil terbangnya pada tahun 2019. Ada AeroMobil di Slovakia, yang seperti NFT berharap untuk kendaraan penggerak terbang hybrid.