Jemaah An-Nadzir Gowa Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada Senin Besok

Jemaah An-nazhir Gowa usai tunaikan sholat berjamaah, Minggu (2/6/2019).(Berita.news/ACP).
Jemaah An-nazhir Gowa usai tunaikan sholat berjamaah, Minggu (2/6/2019).(Berita.news/ACP).

BERITA.NEWS, Gowa – Jemaah An-Nadzir Kabupaten Gowa menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin 3 Juni 2019 besok.

Hal ini disampaikan langsung Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir Gowa, Ustadz M Samiruddin Pademmui kepada awak media, Minggu (2/6/2019).

Menurut Ustad Samir, penetapan 1 Syawal ini berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Tim Sembilan untuk melakukan pemantauan terhadap bulan.

“Jemaah An-Nadzir puasa terakhir hari ini dan besok sudah masuk 1 Syawal jadi kita besok langsung Salat Idul Fitri. Penetapan ini berdasarkan hasil pemantauan Tim Sembilan dan beberapa anggota yang tinggal di pesisir pantai yang telah memantau pasang air laut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan sejak beberapa hari terakhir, pemantauan bulan telah dilakukan, dan hasilnya bulan sudah tidak terlihat di ufuk timur.

Baca Juga :  Menpora RI Siap Buka Liga Beringin di Bone

“Pengamatan sudah kami lakukan beberapa hari terakhir, dan pantauan terakhir tadi memang sudah tidak nampak, tidak terbit bulan di timur, kalau kami kan mengamati akhir bulannya ya,” ujarnya.

“Pantauan bulan ini jugaJadi berdasarkan kata nabi jika untuk mengetahui bulan Syaban itu, antum harus mulainya di bulan Rajab, kemudian untuk mengetahui Ramadan di tunjau dari Syaban, dan untuk Idul Fitri kita mengamati akhir Ramadan itu. Nah saat sidang rapat terakhir tadi malam itu kita amati bulan sudah tidak nampak,” tambahnya.

Jemaah An Nadzir juga mendasarkan perhitungannya pada bulan yang terbit (Syawal) dan ditunjang beberapa faktor alam, seperti hujan dan guntur.

Baca Juga :  Menpora RI Siap Buka Liga Beringin di Bone

“Selain itu juga kan dikaitkan dengan fenomena alam seperti pasang surut air laut, kemudian besarnya angin, kilat dan guntur yang paling terakhir itu pasang surutnya air laut itu. Jadi kita memang berdasarkan pada pasang puncaknya, yang istilahnya pasang kondak jadi besok itu akan terjadi pasang kondak air laut,” terang Ustaz Samir.

Jemaah An-Nadzir Gowa akan melaksanakan salat Idul Fitri di halaman Masjid Baitul Muqaddis kompleks pondok Jamaah An-Nadsir, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

  • ACP