Pulang Kampung Ke Makassar, ASN Ini Tetap Ikuti Upacara Lahirnya Pancasila

Tiga ASN Luar Pemprov Sulsel Ini Ikuti Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila di Rujab Gubernur SulselĀ . (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS, Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menggelar upacara hari peringatan lahirnya Pancasila di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Ikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pada peringatan lahirnya Pancasila dihadiri ASN dari internal Pemprov Sulsel. Namun, ada juga dari beberapa Provinsi lain. Seperti ASN pasangan suami istri  dari Kalimantan Utara, Abdurrahman Akbar San dan Dewi Sulistyowati. Keduanya merupakan asal Gowa.

Menurut keduanya, mengikuti upacara kelahiran Pancasila merupakan sesuatu yang wajib bagi setiap ASN dimana pun berada. Sekaligus untuk bersilaturahmi dengan pegawai Pemprov Sulsel.

“Karena diwajibkan, akhirnya kami cari informasi dan dapat informasi bisa di Rumah Jabatan Gubernur,” kata Staf Dispora Kaltara, Dewi Sulistyowati. 

“Kebetulan kami suami-istri tadi malam baru tiba di Gowa, kami kemudian ikut di sini,” ujar Abdurahman yang merupakan
staf Biro Pengelola Perbatasan Pemprov Kalimantan Utara ini. 

Sementara itu, Siswanti misalnya, Guru SD SDN Kapuk 06 Jakarta yang kembali pulang kampung ke Makassar juga menyempatkan diri untuk hadir upacara sakral bagi pegawai negeri sipil (PNS).

“Karena lagi pulang kampung, dapat dapat informasi, katanya bisa dimana pun,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai RI (Korpri), Zudan Arif Fakrullah menyampaikan seluruh ASN boleh mengikuti upacara peringatan HUT Pancasila 1 Juni di kantor pemerintahan mana pun, mengingat sudah memasuki libur Lebaran 2019. 

Pemerintah melalui Kementerian PANRB mewajibkan seluruh ASN mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Bagi ang tidak ikuti upacara, dikenakan sanksi pelanggaran disiplin sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

  • KH