Antisipasi Insiden Kapal Tenggelam, Ini Imbauan Camat Sangkarrang

Camat Sangkarrang, Akbar Yusuf mengimbau

BERITA.NEWS, Makassar – Camat Sangkarrang, Akbar Yusuf mengimbau kepada pemilik kapal penyedia jasa penyeberangan antarpulau agar mengutamakan keselamatan penumpang.

Dia mengaku tidak ingin insiden kapal tenggelam seperti tahun lalu terjadi lagi, di mana puluhan warganya harus meregang nyawa.

“Saya harap tidak ada kejadian seperti tahun lalu. Jadi saya minta kepada pemilik kapal supaya betul-betul memperhatikan aspek keselamatan penumpang,” kata Akbar Yusuf saat dihubungi, Jumat (31/5/2019)

Selain menyediakan pelampung yang cukup dan berstandar, Akbar Yusuf menyebut pihak penyedia kapal juga harus ketat soal kapasitas penumpang.

“Tahun lalu itu kan disebabkan muatan yang melebihi kapasitas. Jadi harus ketat persoalan ini, harus betul-betul dibatasi sesuai kapasitas kapal,” ujarnya.

Baca Juga :  Polres Pelabuhan Release Temuan Puluhan Busur dan Ketapel di Area Tawuran Kelompok

Akbar Yusuf menawarkan solusi untuk mengatasi over kapasitas. Salah satunya yakni menambah jadwal penyeberangan dari wilayah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang ke pulau utama Kota Makassar.

“Saya minta jadwal keberangkatan ditambah, jika biasanya satu kali sehari mungkin jadi dua kali sehari. Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Jadi bisa diberitahu calon penumpang kalau masih ada penyeberangan selanjutnya,” terangnya.

Masyarakat juga diminta oleh Akbar Yusuf supaya mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa penyeberangan pulau.

Baca Juga :  Antrean Penumpang KRL di Stasiun Bojong Gede Membeludak hingga ke Jalan

“Saya sudah buat surat edarannya, isinya itu tadi untuk pemilik kapal. Kalau untuk masyarakat juga supaya mengikuti aturan yang ada, keselamatan juga harus diutamakan,” pungkasnya.

Diketahui, sebelum Idulfitri tahun lalu kapal pengangkut KM. Arista tenggelam akibat over kapasitas di perairan Makassar. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tercatat 73 korban meninggal dunia.

loading...