Wujudkan Transparansi Pemerintah, Komisi Informasi (KI) Sambangi Sekda Sulsel

BERITA.NEWS, Makassar – Komisi Informasi (KI) Sulsel didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo SP) Andi Hasdullah dan Kepala Sekretariat KI Badaruddin audiens ke Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Abdul Hayat Gani. Rabu (29/5/2019).

Kepada Sekda baru itu, Ketua KI Sulsel, Pahir Halim menjelaskan keberadaan, peranan dan kerja-kerja KI. Dijelaskan era keterbukaan informasi sudah jadi tuntutan. Masyarakat semakin kritis dan menginginkan transparansi.

“Disinilah peran KI memberikan fasilitasi terhadap masyarakat. Posisi KI bukan bagian dari pemerintah namun tidak pernah lepas dari pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Sekda Sulsel, Abdul Hayat Gani mengapresiasi kerja-kerja KI dalam mendukung hadirnya pemerintahan yang terbuka dan transparan.

“Ciri negara yang kuat itu adalah yang open, transparan,” ucapnya di kantor Gubernur Sulsel.

Selain itu, Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah selaku Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) utama ex officio menjelaskan, selama ini, sistem pengajuan permohonan informasi dari masyarakat sudah mulai tercover dengan baik.

“Kami laporkan juga Pak Sekda, kalau KI Sulsel juga melayani sengketa informasi dari kabupaten/kota,” ungkapnya.

.KH