Pimpin Rapat Evaluasi, Syukur Bijak Minta OPD Genjot Pendapatan Daerah

Wakil Bupati Kabupaten Luwu, Syukur Bijak (SBj) memimpin rapat evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di ruang kerjanya, (29/5/2019). (Foto: IST/HMS).

BERITA.NEWS, Belopa – Wakil Bupati Kabupaten Luwu, Syukur Bijak, memimpin rapat evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Luwu, di ruang kerjanya, Belopa, Rabu (29/5/2019).

Rapat ini diinisiasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai leading sektor dan dihadiri oleh seluruh OPD pengelolah PAD dan para camat se-Kabupaten Luwy.

Syukur Bijak dalam arahannya, meminta seluruh OPD pengelolah PAD agar menggenjot penerimaan PAD mereka sesuai target pemerintah pada triwulan kedua nanti atau akhir bulan.

Baca Juga :  LSM Somasi Soroti Dugaan Penyimpangan Penggunaan Dana Bos SD IV Sungguminasa 

Syukur Bijak juga meminta kepada seluruh kepala desa di Luwu ikut menggenjot pendapat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sesuai tahapan yang ada. 

“Saya minta seluruh OPD pengelolah pajak agar lebih dioptimalkan. Jangan dibiasakan nanti diakhir-akhir kemudian digenjot karena kita punya tahap-tahapan yang telah diatur,” ujar Syukur Bijak.

“Pajak ini salah tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat. Pajak ini juga akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk programpembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah,” tambahnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Moh Arsal Arsyad, menyebutkan target PBB untuk 22 kecamatan dan 207 desa 20 kelurahan tahun 2019 ini sebanyak Rp4,7 miliar.

Baca Juga :  Basmin Apresiasi Inovasi Kades Bonelemo Akan Wisata Pendidikan

“Target PBB kita tahun ini sebesar Rp4,7 miliar. Per 20 mei capain kita 302 juta atau baru sekira 6,4 persen. Untuk target PAD kita bagi OPD total tahun ini sebesar Rp109 juta dengan capain triwulan pertama sebesar Rp27 miliar atau 24 persen,” sebutnya.

  • Asri