BERITA.NEWS, Makassar – Dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) menggelar sidang skiripsi mahasiswa yang sedang dirawat di Rumah Sakit.

Sidang skripsi ini digelar FTI UMI untuk mahasiswa program studi Teknik Kimia bernama Putri Wulandari. Sidang berlangsung di ruang perawatan Rumah Sakit Ibnu Sina, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (29/5/2019).

Sidang skripsi mahasiswa FTI UMI yang dilangsungkan di rumah sakit, boleh dibilang sebagai terobosan baru dan pertama dalam dunia akademik perguruan tinggi Indonesia.

Baca Juga : KNPI Sulsel Desak Politani Pangkep Aktifkan Kembali 8 Organisasi Mahasiswa

Putri memaparkan penelitiannya tentang rancangan pabrik kimia dalam prosesi ujian komprehensif atau skripsi, sembari duduk di kasur ruang perawatan RS Ibnu Sina karena sedang sakit tifus (demam tifoid) sejak Jumat 24 Mei 2019.

Ujian komprehensif ini disaksikan langsung Dekan FTI UMI, Dr. Ir. Zakir Sabara sekaligus pemimpin sidang dan dihadiri dosen pembimbing dan penguji skripsi Putri Wulandari.

Ujian pun berlangsung seperti halnya ujian komprehensif skripsi di ruang kampus.

Dekan FTI UMI, Dr. Ir. Zakir Sabara mengatakan, ujian skripsi mahasiswa tersebut mesti dilakukan di RS Ibnu Sina karena didorong pertimbangan kemanusian, agar mahasiswa yang bersangkutan bisa mengikuti wisuda pada Juni 2019.

“Tadi kita rapatkan, akhirnya sepakat kita inisiatif menguji skripsi di rumah sakit. Karena kasian, mahasiswa ini tinggal satu langkah lagi diwisuda. Kalau tertunda satu semester, kasian bayar SPP lagi,” ujar Zakir Sabara kepada BERITA.NEWS, via telepon.

Baca Juga : Fakultas Teknik Unhas Gelar Conference International Symposium

Atas izin dan perkenaan manajemen dan dokter RS Ibnu Sina, kata Zakir, ujian kompresenif Putri Wulandari dapat berlangsung dengan baik. Apalagi Putri menurut Zakir, melakukan penelitian skripsi selama enam bulan.

Zakir Sabara mengatakan, menguji skripsi mahasiswa yang sedang dirawat di rumah sakit merupakan pertama kalinya dilakukan. Dan bisa jadi yang pertama di Indonesia.

Wallahu a’lam bish-shawab kalau ini yang pertama di Indonesia. Kita hanya lakukan karena dorongan kemanusiaan, bahwa Putri bisa selesai Juni nanti. Dan alhamdulillah tadi dia (putri) mempresentasekan penelitiannya dengan baik,” tandas Dekan FTI UMI Zakir Sabara.

Dari penelusuran BERITA.NEWS, sidang skripsi mahasiswa FTI UMI di ruang perawatan rumah sakit disebut-sebut yang pertama dilakukan oleh perguruan tinggi Indonesia.

View this post on Instagram

Didatangi Pembimbing dan Dosen Penguji, Mahasiswa @ftiumi Ujian Skripsi di Rumah Sakit Ibnu Sina Atas ijin dan perkenaan manajemen dan dokter RS Ibnu Sina hari ini, Rabu 29 Mei 2019 Pukul 15.00-16.00 di ruang perawatan, mahasiswi Teknik Kimia FTI UMI atas nama Putri Wulandari melaksanakan ujian komprehensif dengan mempresentasikan prancangan pabrik kimia dan skripsi penelitian Putri Wulandari, mahasiswi asal Raha Sulawesi Tenggara ini, sejak hari Jumat 24 Mei 2019 dirawat di RS Ibnu Sina, mengingat hari ini adalah jadwal dan hari terakhir untuk ujian skripsi agar bisa mengikuti wisuda pada bulan juni 2019 yang akan datang Terima kasih ketua prodi, sekprodi, pembimbing dan seluruh dosen penguji atas keikhlasannya untuk melayani mahasiswa kita walaupun di rumah sakit, semoga menjadi berkah buat kita semua di bulan suci #ramadan ini #FTIUMIKEREN : Sharing is Caring #sharingiscaring

A post shared by Zakir Sabara H. Wata (@zakirsabara_h.wata) on