Operasi Ketupat 2019, 295 Personil Pengamanan Diturunkan

Polres Gowa Lakukan Apel Gelar Pasukan bersama 295 personil Gabungan.
Polres Gowa Lakukan Apel Gelar Pasukan bersama 295 personil Gabungan.

BERITA.NEWS, Gowa – Sebanyak 295 Personil Gabungan siap mengamankan lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Kabupaten Gowa dalam Operasi Ketupat 2019. 

Pelaksanaan Operasi Ketupat 2019 ini akan berlangsung selama 13 hari, terhitung sejak tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019 mendatang.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga mengatakan, Apel yang digelar mulai dari Markas Besar (Mabes) Polri hingga Polres jajaran ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara.

“Selain itu, untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga dapat menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya pasca Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019  di Mapolres Gowa. Selasa (28/5/2019).

Baca Juga :  Basmin Apresiasi Inovasi Kades Bonelemo Akan Wisata Pendidikan

Menurut AKBP Shinto, Operasi Ketupat 2019 memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya.

“Dimana kali ini akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahap Pemilu 2019, yang membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi semakin kompleks yang harus diantisipasi secara optimal,” tuturnya.

Kapolres juga memaparkan terkait empat pedoman penting yang disampaikan Kapolri dalam amanatnya. Pertama, Kapolri meminta seluruh aspek penyelenggaraan operasi dipersiapkan secara optimal.

Kedua, seluruh personil agar pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang operasi.

Ketiga, seluruh komponen penyelenggara operasi agar menjaga dan memelihara soliditas dan sinergitas.

Baca Juga :  LSM Somasi Soroti Dugaan Penyimpangan Penggunaan Dana Bos SD IV Sungguminasa 

Terakhir, meminta seluruh personil melaksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan, dan tanggung jawab.

295 personil gabungan tersebut diantaranya 120 yang  dikerahkan langsung Polres Gowa, TNI sebanyak 31 orang, Dinas Perhubungan (Dishub) 31 orang, Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) 31 orang, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) 31 orang, Sentra Komunikasi (Senkom) 31 orang, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Gowa 20 orang. Sehingga total keseluruhan sebanyak 295 personil gabungan.

Sebelumnya, Polres Gowa telah menyiapkan tujuh pos pengamanan, yang terdiri dari lima pos pengamanan dan dua pos pelayanan.

. ACP