IMIKI dan Organisasi Mahasiswa Se-kota Makassar Diskusikan Pluralisme dan Toleransi

Diskusi Pluralisme dan Toleransi Beragama
Diskusi Pluralisme dan Toleransi Beragama. (BERITA.NEWS/KH)

BERITA.NEWS, Makassar – Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI) cabang Makassar diskusikan pluralisme w toleransi bersama beberapa organisasi mahasiswa seperti, HMI, PMII, GMNI dan Pengurus BEM se-kota makassar di warkop 115 Jalan Toddopuli Raya.

Dalam diskusi tersebut, hadir pembicara Pembina Buddha Sulsel Miguel Dharmadjie mengajak kelompok intelektual kampus seperti Lensa Demokrasi menjadi pilar yang senantiasa menjaga kedamaian dan toleransi beragama.

“Banyak orang yang tahu tentang tolerant tapi tidak paham, banyak juga yang paham tapi belum bersikap toleran. Nah, yang kita inginkan semua bisa sampai pada tingkat akhirnya yakni pluralisme, jika itu tidak dijaga baik akan jadi pemecah kehidupan bernegara,” ujarnya.

Baca Juga :  AAS Resmi Nahkodai IKA UNHAS, Gubernur Andalan Ucapkan Selamat Kakanda

Pembicara lainnya, yakni Wakil Direktur PPs UIT Makassar, Dr Patawari SHI MH mengatakan dalam ajaran agama Islam, hubungan antar sesama manusia harus bisa dijaga dengan baik.

“Tidak ada hal yang bisa dilakukan tanpa melibatkan orang lain. Makanya, hubungan sesama manusia harus tetap dijaga dengan mengedepankan toleransi beragama,” ungkapnya.

Selanjutnya Pembicara Ketiga  Dosen Komunikasi Lintas Agama dan Budaya UIN, Jalaluddin Basyir mengatakan, tak hanya hubungan antar manusia, dengan alam pun juga sangat penting untuk dijaga. Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari manusia lain dan juga alam.

Baca Juga :  AAS Resmi Nahkodai IKA UNHAS, Gubernur Andalan Ucapkan Selamat Kakanda

“Kerusakan alam dan pencemaran lingkungan yang dilakukan manusia akan berakibat dan berdampak dalam kehidupan kita,” ujarnya.

“Bencana banjir contohnya, akan melanda jikalau penebangan pohon dan pengerukan tanah dilakukan secara terus menerus tanpa memperhatikan aspek ekologisnya,” ujarnya.

.KH