Makassar Kekurangan Air Bersih, PDAM Disarankan Program PAMSIMAS

Ketua Asosiasi Air Bersih Kota Makassar, Husni Mubarack.
Ketua Asosiasi Air Bersih Kota Makassar, Husni Mubarack

BERITA. NEWS, Makassar – Asosiasi Air Bersih Kota Makassar Tirta Lontara kembali menggaungkan sulitnya mendapatkan air bersih di beberapa kecamatan di Kota Makassar.

Ketua Asosiasi Air Bersih Kota Makassar, Husni Mubarack, mengatakan pemerintah harus berperan aktif untuk menyediakan layanan air bersih untuk masyarakat.

“Ini bukan cuma tugas PDAM, tapi juga tanggung jawab pemerintah, baik itu pemerintah pusat, DPRD, pemerintah Provinsi maupun kabupaten kota” ujarnya saat ditemui di Jl Sungai Saddang, Makassar, Sabtu (18/5/2019)

Husni menjelaskan, dari beberapa kecamatan di Kota Makassar, masih banyak warga masyarakat yang belum bisa menikmati air bersih.

Baca Juga :  Umrah Syawal, Randa Azzahra Travel Kembali Berangkatkan Jamaah

“Sejumlah kecamatan di kota Makassar yakni Biringkanayya, Tallo, sebagian wilayah Manggala, Tamalate, BTP (Bumi Tamalanrea Permai) serta sebagian Kapasa masih kesulitan mendapatkan air bersih,” pungkas Husni.

Dalam hal ini, Husni juga menyoroti kinerja PDAM yang sibuk membangun jaringan, namun kekurangan sumber air baku.

“PDAM sering membangun jaringan namun tidak mencari sumber air baku yang baru, saya telah bertemu dengan gubernur dan akan membahas hal ini lebih lanjut ke depannya,” tambahnya.

Menurut dia, solusi air bersih di kota Makassar sebenarnya dapat di atasi dengan Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsima) dan Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (SPAM).

Baca Juga :  Umrah Syawal, Randa Azzahra Travel Kembali Berangkatkan Jamaah

“Di Kota Makassar ada sekitar 123 Titik PAMSIMAS namun yang berfungsi cuma 60% saja, idealnya Makassar membutuhkan 1000 titik PAMSIMAS untuk memenuhi kebutuhan air bersih, saya harap pemerintah dan DPRD bisa ikut memikirkan anggaran ke depannya,” tutup Husni.

  • IA