Kamrussamad Lolos ke Senayan, Dua Tokoh Sulsel Tumbang di DKI Jakarta

Caleg DPR RI DKI Jakarta III, Kamrussamad. (Foto: Twitter/Kamrussamad_ks)
Caleg DPR RI DKI Jakarta III, Kamrussamad. (Foto: Twitter/Kamrussamad_ks)

BERITA.NEWS, Makassar – Dua tokoh masyarakat atau elite asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kalah bertarung ke Senayan dari daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III pada Pemilu 2019.

Mereka adalah mantan Calon Bupati Sidrap, Fatmawati Rusdi dan saudagar Bugis, Andi Rukman Karumpa tak mampu meraih suara terbanyak untuk dapat lolos ke DPR RI melalui Dapil DKI Jakarta III.

Satu elite Sulsel yang berhasil lolos ke Senayan adalah Kamrussamad. Ketua KAHMI itu dipastikan mengamankan satu kursi Partai Gerindra dari Dapil DKI Jakarta III.

Kamrussamad pada launching KAHMI Preneur di Jakarta beberapa waktu yang lalu. (Foto: Instagram/kamrussamad_ks)

Dilansir dari Kompas, hasil rekapitulasi KPU DKI Jakarta pada Jumat (17/5/2019) di Hotel Bidakara, menunjukkan Kamrussamad meraih 83.562 suara di Dapil Jakarta III yang meliputi, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Kamru, sapaan Kamrussamad, mengalahkan perolehan suara petahana sekaligus keponakan Prabowo Subianto, yakni Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di internal caleg Partai Gerindra. Rahayu memperoleh 79.801 suara

Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta III yang memperoleh suara terbanyak. (KPU)

Sementara Fatmawati Rusdi yang mencaleg di Partai Nasdem dari dapil DKI Jakarta 3, kalah dari Ahmad Sahroni yang meraih 73.938 jumlah suara.

Ada pun Andi Rukman Karumpa yang merupakan Caleg Partai Golkar, kalah bersaing dari Ivan Doly yan memperoleh 20.947 suara. Andi Rukman yang juga boss “Akbar Konyol”, mendapatkan 17.040 suara.

Peraih suara terbanyak di dapil DKI Jakarta III diraih oleh caleg sekaligus Ketua Umum PSI, Grace Natalie dengan jumlah 179.749 suara.

Meski memperoleh suara terbanyak, PSI secara nasional tak memenuhi ambang batas parlemen sebanyak 4 persen. Grace tetap gagal ke Senayan.