AS Keluarkan Peringatan Jelang Pengumuman Hasil Pemilu Indonesia

Ilustrasi peringatan keamanan dari Kedubes AS untuk Indonesia. (IST)
Ilustrasi peringatan keamanan dari Kedubes AS untuk Indonesia. (IST)

BERITA.NEWS, Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Kedutaan Besarnya (Kedubes) di Indonesia menerbitkan peringatan keamanan kepada warga AS jelang pengumuman hasil Pemilu.

Peringatan pengamanan tersebut diterbitkan Kedubes AS, Jumat (17/5/2019), setelah adanya pernyataan Polri terkait rencana aksi terorisme pada saat pengumuman hasil Pemilu oleh KPU.

“Pejabat kepolisian Indonesia secara terbuka menyebutkan risiko terorisme yang meningkat sehubungan dengan finalisasi hasil pemilu, dan media telah melaporkan penangkapan orang Indonesia baru-baru ini atas tuduhan terorisme,” tulis Dubes AS di laman resminya, dikutip BERITA.NEWS.

Dengan kondisi itu, Dubes AS memperingatkan warganya yang sedang berada di Indonesia khususnya di DKI Jakarta, untuk menghindar dari lokasi demonstrasi menjelang pleno penetapan KPU terkait hasil Pemilu 2019.

Baca Juga :  Umrah Syawal, Randa Azzahra Travel Kembali Berangkatkan Jamaah

“Hindari area di mana demonstrasi atau demonstrasi politik terjadi dan berhati-hati jika berada di sekitar pertemuan besar,” sebut Dubes AS, dalam poin Actions to Take terkait kondisi keamanan Indonesia.

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri telah menangkap 29 terduga teroris selama Mei 2019. Menurut Polri, mereka disebut sebagai bagian dari jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berencana melakukan serangan bom pada 22 Mei 2019.

Baca Juga :  Umrah Syawal, Randa Azzahra Travel Kembali Berangkatkan Jamaah

“Tersangka yang ditangkap 18 orang ditangkap di Jakarta, Bekasi, Karawang, Tegal, Nganjuk, dan Bitung di Sulawesi Selatan,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan (17/5/2019) dikutip dari Detik.

Pemerintah AS melalui Dubesnya di Indonesia juga meminta kepada seluruh warga negeri Paman Sam yang berada di Indonesia jelang pengumuman hasil Pemilu untuk memantau informasi terkini di media massa.

“Tetap pantau liputan media tentang peristiwa lokal, waspadai lingkungan sekitar Anda, dan praktikkan kesadaran keamanan pribadi setiap saat,” terang Dubes AS dalam peringatannya.