Dua Pertimbangan Mengapa Puan Maharani Kandidat Terkuat Ketua DPR RI

Menko PMK. Puan Maharani (Instagram/puanmharaniri)
Menko PMK. Puan Maharani (Instagram/puanmharaniri)

BERITA.NEWS, Makassar – Nama Puan Maharani mencuat sebagai kandidat terkuat Ketua DPR RI periode 2019-2024. Wasekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah, tak menepis bahwa Puan merupakan figur terkuat.

“Puan Maharani memang kader yang paling berpeluang. Sesuai kententuan UU MD3 (UU MPR, DPR, DPD dan DPRD), parpol pemenang pileg 2019 berhak menugaskan kadernya untuk menjadi Ketua DPR RI,” ujar Basarah, dikutip dari Tempo, Senin (13/5/2019).

Puan Maharani saat menjadi juru kampanye nasional di Surakarta beberapa waktu yang lalu. (Instagram/puanmaharaniri)

Basarah punya dua pertimbangan mengapa Puan Maharani menjadi figur terkuat Ketua DPR RI. Pertama, karena memiliki pengalaman di dunia politik.

Baca Juga :  Banyak Perkara Dimenangkan Yandi Pratama, Ini Langkah Hukum Dijalankannya

Alasan kedua adalah Puan Maharani yang juga putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri itu meraih suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Puan juga memiliki legitimasi yang kuat untuk duduk sebagai Ketua DPR RI karena perolehan suara Puan dalam pileg 2019 ini memecahkan rekor perolehan tertinggi yaitu di atas 420 ribu suara,” ujar Basarah.

Pergaulan dan interaksi politik Puan dengan berbagai kalangan sosial politik, menurut Basarah, sangat luas dan baik. Ketua DPP PDIP itu juga disebut sebagai kader partai yang paling dipercaya untuk urusan-urusan publik saat ini.

Baca Juga :  Banyak Perkara Dimenangkan Yandi Pratama, Ini Langkah Hukum Dijalankannya

“Namun demikian, keputusan akhir tentang siapa yang akan ditugaskan menjadi Ketua DPR RI dari PDIP tetap tergantung hak prerogatif dan keputusan Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujar Basarah.

Peluang Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI semakin kuat setelah dia dinyatakan lolos ke Senayan dengan perolehan suara terbanyak nasional sebesar 403.304 ribu suara dari Dapil V Jawa Tengah.