Nuansa Kampung Ramadan Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Takalar

Nuansa pasar Kampung Bulan Ramdhan merupakan ide kreatif Dinas Perdagangan Kabupaten Takalar yang menggaet IKAPPI dan APKI, Minggu (12/5/2019).
Nuansa pasar Kampung Bulan Ramdhan merupakan ide kreatif Dinas Perdagangan Kabupaten Takalar yang menggaet IKAPPI dan APKI, Minggu (12/5/2019).

BERITA.NEWS, Takalar – Bulan Ramadan 1440H yang penuh berkah ini menjadi peluang setiap umat muslim  untuk beribadah dan mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Tak terkecuali dalam memanfaatkan peluang-peluang rezeki di bulan yang  penuh magfirah ini.

Nuansa Kampung Bulan Ramadan merupakan ide kreatif  Dinas Perdagangan Kabupaten Takalar yang menggaet IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) dan APKI (Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia) untuk menyelenggarakan pasar Kampung Ramadan yang dipusatkan di Taman Kita.

Kepala Dinas Perdagangan melalui Kabid Perdagangan Disperindag Nuriksan Nurdin mengatakan  kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari selama bulan Ramadan, seperti takjil, makanan berbuka puasa, perlengkapan ibadah shalat, pameran mobil, pakaian dan lain-lainnya.

“Selain itu, Kampung Ramadan ini juga diharapkan dapat mengukur animo masyarakat Takalar sekaligus daya beli dan pangsa pasar yang terkait,” kata Nuriksan Nurdin kepada Berita.News, Minggu (12/5/2019).

Lebih lanjut Nuriksan Nurdin mengatakan usai Ramadan ada  aktifitas ekonomi yang serupa nantinya di luar bulan2 Ramadan sehingga kantong ekonomi seperti pasar, pusat kuliner, kerajinan dan lain-lain sehingga bisa  menjadi penahan uang Takalar berputar di Takalar sendiri.

Lebih jauh mantan  Kabid GTK Diknas Takalar juga menjelaskan bahwa aktifitas  kampung Ramdhan merupakan akselerasi percepatan ekonomi masyarakat Takalar karena konsentrasi pada pengembangan potensi kuliner menarik minat masyarakat diluar Takalar

“Untuk itu kita  memanfaatkan potensi produk dan pelaku UKM  dan pasar Takalar” jelas Iccang bro sapaan akrab Nuriksan Nurdin yang juga salah satu pengurus ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia).

Dikatakannya, sambung Iccang Bro bahwa Kampung Ramadan ini melibatkan semua unsur termasuk Tim Penggerak PKK, Degranasda Kabupaten Takalar, Tim Dharma Wanita kabupaten Takalar dan ibu ā€“ ibu dari Forkopimda se-Kabupaten Takalar.

“UKM di setiap kecamatan, dealer elektronik, motor dan mobil. Kegiatan ini juga diisi berbagai lomba diantaranya lagu religi, lomba da’i serta kegiatan lomba lainnya yang bernuansa islam,” tutupnya.

.AK