Sidak Pasar, Harga Sembako di Gowa Mulai Stabil

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah melakukan Sidak di Pasar Rakyat Limbung, Kecamatan Bajeng.
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah melakukan Sidak di Pasar Rakyat Limbung, Kecamatan Bajeng.

BERITA.NEWS, Gowa – Inpeksi Mendadak (Sidak) Pasar kembali dilakukan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah di Pasar Rakyat Limbung, Kecamatan Bajeng, Jumat (10/5/2019).

Sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan pada awal Ramadan, kini dianggap mulai stabil.

Contohnya saja ayam potong yang mengalami penurunan dari harga Rp60 ribu per ekor kini menjadi Rp45-50 ribu per ekor. Kemudian harga bawang merah sudah dikisaran Rp30-35 ribu per Kilogram (Kg), dimana sebelumnya harga bawang merah mencapai angka Rp40 ribu per kg, begitupun dengan bawang putih kini dikisaran Rp48-55 ribu per kg.

Baca Juga :  LSM Somasi Soroti Dugaan Penyimpangan Penggunaan Dana Bos SD IV Sungguminasa 

“Alhamdulillah, kami kembali turun untuk menindaklanjuti dari beberapa hari lalu terkait bahan pokok yang bergejolak seperti bawang putih, bawang merah, dan ayam. Kami menemukan harga sudah cenderung stabil bahkan sudah turun jika dibandingkan dengan sehari jelang Ramadan kemarin,” jelas Kabid Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Muhammad Rais.

Rais juga mengaku, pihaknya akan terus menekan harga sembako selama Ramadan, bahkan akan terus melakukan sidak pertiga hari sehingga mampu memantau pedagang ataupun distributor yang menaikkan harga secara sepihak.

Baca Juga :  Arahan Bupati Luwu Minta ASN Kembali Perkuat Sinergitas

“Sekali lagi kami juga pertegas,   jika ditemukan adanya penimbunan sembako maka pemerintah tidak segan mencabut izin distributor tersebut, begitupun dengan pedagang yang menaikkan harga diatas 15-20 persen dari harga beli maka akan diperingati dan terus dipantau untuk segera menurunkan harga jualannya,” tegas Rais.

Stok bahan pokok selama Ramadan hingga menjelang lebaran pun dikatakan Muhammad Rais dipastikan masih aman.

. ACP