Pemukulan Tahanan Oleh Petugas Di Duga Menjadi Pemicu Pembakaran Rutan Siak Riau

Pembakaran Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura, Riau. (Int)
Pembakaran Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura, Riau. (Int)

BERITA.NEWS, Pekanbaru ā€“ Menurut keterangan dari Paur Humas Polres Siak, Bripka Dedek, awal mula kericuhan terjadi di Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura, Riau, dipicu adanya pemukulan petugas terhadap salah satu tahanan yang berada di dalam lapas.

Rekan ā€“ rekan tahanan yang melihat kejadian tersebut tidak terima atas perlakuan petugas kepada salah satu rekannya membuat kericuhan dan melakukan pembakaran Rutan.

“Masih kita dalami (penyebab). Namun, dugaan sementara ada tahanan yang dipukul oleh petugas lapas, dan teman temannya tidak terima dengan aksi pemukulan yang dilakukan petugas lapas, sehingga menimbulkan kerusuhan hingga pembakaran,” ungkap Dedek seperti yang dilansir dari laman kompas.com, Sabtu (11/5/2019).

Baca Juga : Sepasang Kekasih Ditangkap Polisi Karena Edarkan Sabu

Menurutnya, informasi yang terima pihak kepolisian kericuhan tersebut berlangsung sekitar pukul 01:00 WIB. Setelah mendapatkan informasi, pihak berwajib langsung mendatangi lokasi dan berhasil mengamankan beberapa tahanan yang sempat berusaha kabur.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 100 tahanan yang diamankan. Mereka ada yang ditangkap dan sebagian lagi menyerahkan diri,” lanjut Dedek.

Untuk kondisi saat ini di lokasi kejadian sudah mulai beranjak kondusif. Ratusan petugas dari jajaran kepolisian Siak dan BKO polda Riau telah disiagakan di lokasi terjadinya bentrokan tersebut.

Sumber : kompas.com