Selesai di Kemendagri, Penetapan Sekda Defenitif Sulsel Tersendat Di Presiden

Nurdin Abdullah (BERITA.NEWS/KH)
Nurdin Abdullah (BERITA.NEWS/KH)

BERITA.NEWS, Makassar– Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dibuat bingung dengan belum ditetapkannya Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Pemprov Sulsel, dari tiga nama yang di usulkan hasil seleksi lelang jabatan. Jumat (10/5/2019).

Hasil seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) dikirim tiga nama yang memiliki nilai tertinggi, yakni Kepala Bappeda Sulsel Jufri Rahman, Dosen IPDN Zhubakhrum Tjenreng dan Direktur Penanganan Fakir Miskin Kemensos Abdul Hayat Gani.


BACA JUGA


Meski demikian, belum ada tindak lanjut dan kejelasan dari pemerintah pusat kapan satu nama akan ditetapkan dan dilantik jadi Sekda Defenitif. Padahal, Pemprov Sulsel telah mengirim berkas tiga nama tersebut pada bulan Januari 2019.

“Itulah juga saya bingung, kalau sudah penetapan mungkin sudah konsen, karena dari kemendagri tadi saya tanya pak Dirjen Otda, di Kemendagri proses sudah selesai,” ucap Nurdin Abdullah saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel.

Meski demikian, dari tiga nama tersebut, nama Abdul Hayat Gani santer dikabarkan jadi yang terkuat duduki jabatan tertinggi ASN Eselon I Pemprov Sulsel. Bahkan, bahkan beredar kabar Direktur Kemensos tersebut sudah mendapat rekomendasi dari kemendagri

“Sekarang berada di tingkat tim penilai akhir (TPA) itu presiden,” pungkasnya.

Diketahui, proses penetapan sekda definitif Sulsel itu, pertama kali melalui proses lelang dari 10 calon sisahkan 3 nama, selanjutnya di proses lagi di level kemendagri dan terakhir di tetapkan di Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

  • KH